Pengembangan Bahan Ajar Berbicara Bahasa Inggris yang Interaktif untuk Siswa Kelas IX SMA dalam Mempromosikan Negosiasi Maksud di SMAN 6 Yogyakarta

Wulandari, Fariska (2014) Pengembangan Bahan Ajar Berbicara Bahasa Inggris yang Interaktif untuk Siswa Kelas IX SMA dalam Mempromosikan Negosiasi Maksud di SMAN 6 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fariska-wulandari-11706251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbicara bahasa Inggris yang interaktif untuk siswa kelas IX SMA dalam mempromosikan negosiasi maksud di SMAN 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang meliputi tahap analisis kebutuhan, rancangan silabus, pengembangan produk, penilaian kelayakan produk, revisi produk, uji lapangan, dan pengembangan produk akhir. Responden dalam penelitian ini meliputi seorang ahli materi dan bahasa Inggris, seorang ahli metodologi pengajaran Bahasa Inggris, dan seorang ahli kegrafikaan, 93 siswa SMAN 6 Yogyakarta kelas XI IPA 1, IPA 2, dan IPA 3 untuk analisis kebutuhan, dan 30 siswa SMAN 6 Yogyakarta kelas XI IPA 3 untuk uji coba lapangan. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, dan observasi kelas. Instrumen pengumpulan data terdiri dari kuesioner, acuan wawancara, dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini mengembangkan tiga unit bahan ajar yang digunakan untuk belajar berbicara bahasa Inggris yang interaktif berdasarkan data analisis kebutuhan. Dilihat dari target needs, para siswa mengharapkan mampu berkomunikasi dengan orang asing dalam bahasa Inggris. Dilihat dari learning needs, para mahasiswa senang belajar berbicara bahasa Inggris dengan berdialog, atau percakapan, diskusi, dan wawancara. Mereka juga menyukai bekerja/belajar secara bekerja sama. Data uji coba menunjukkan bahwa tiga unit bahan ajar tersebut layak berdasarkan pada nilai rata-rata 3.00 hingga 3,43 pada skala Likert 4 sampai 1. Desain unit yang layak disusun berdasarkan urutan proses belajar yang terdiri dari tujuh bagian, yaitu Let’s Get Ready, Get It Right, Let’s Act, Let’s Do More, Let’s Check Your Competence, Let’s Make a Reflection and Let’s Make a Summary. Komponen task yang sesuai adalah sebagai berikut. Tujuan belajar berbicara bahasa Inggris adalah agar dapat berbicara bahasa Inggris secara lisan. Input menyuguhkan input yang dapat dimengerti, memperkenalkan kosa-kata dan language function, dan dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik, berhubungan dengan tema, serta membantu siswa untuk memahami bacaan. Activities menyuguhkan kegiatan yang menantang, menstimulasi percakapan sesungguhnya, exchanging, checking understanding, improvising real conversation; memberikan kesempatan yang sama dalam membangun percakapan; menghasilkan outcomes; dan memberikan kesempatan untuk mempraktekkan language function berdasarkan kehidupan sehari-hari siswa. Peran siswa adalah sebagai pembelajar yang aktif, komunikator, dan negosiator. Peran guru adalah sebagai fasilitator, penilai, pengontrol, dan pengamat; dan (6) setting adalah bekerja secara berpasangan maupun berkelompok.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kebutuhan, mengembangkan, interactive speaking task, komponen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Feb 2015 02:42
Last Modified: 24 Nov 2022 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12013

Actions (login required)

View Item View Item