Kesiapan Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMPN Se-Kabupaten Wonosobo

Rofik, Abdur (2014) Kesiapan Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di SMPN Se-Kabupaten Wonosobo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-abdur-rofik-12706251005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Ingris di SMPN se-Kabupaten Wonosobo, khususnya terkait: (1) kesiapan kepala sekolah, (2) kesiapan guru, (3) kesiapan sarana prasarana, (4) perencanaan kegiatan pembelajaran, (5) pelaksanaan kegiatan pembelajaran, (6) pelaksanaan kegiatan penilaian, (7) pelaksanaan program remidial dan pengayaan, (8) pendapat guru dan siswa, dan (9) kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah formatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran bahasa Inggris dan siswa di SMPN se-Kabupaten Wonosobo. Data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepala sekolah belum siap, (2) guru mata pelajaran bahasa Inggris belum siap, (3) sarana prasarana memadai kecuali di SMPN 1 Kepil dan SMPN 2 Kepil, (4) perencanaan kegiatan pembelajaran sangat baik, (5) pelaksanaan kegiatan pembelajaran baik, (6) pelaksanaan kegiatan penilaian baik, (7) pelaksanaan program remidial dan pengayaan baik, (8) guru bahasa Inggris se-Kabuapten Wonosobo berpendapat implementasi Kurikulum 2013 tidak baik, sedangkan menurut siswa baik, (9) kendala-kendala yang dihadapi adalah perubahan mind set dari KTSP ke Kurikulum 2013, sarana prasarana, finansial, persiapan perangkat pembelajaran, dan rumitnya penilaian terutama penilaian aspek sikap.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Jan 2015 04:49
Last Modified: 22 Nov 2022 04:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11951

Actions (login required)

View Item View Item