Pengembangan Web- Based Mathematics Learning Siswa Kelas V SD Kotagede 3 Yogyakarta

Mulyaningsih, titin (2014) Pengembangan Web- Based Mathematics Learning Siswa Kelas V SD Kotagede 3 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-titin-mulyaningsih.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan web-based mathematics learning yang layak untuk kelas V di SD Kotagede 3 Yogyakarta. Di samping itu Web-based mathematics learning yang dikembangkan dalam rangka menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri dari 10 langkah kegiatan yaitu: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi dengan cara kajian pustaka, pengamatan, serta analisis kebutuhan, (2) perencanaan dengan pendefinisian keterampilan, perumusan tujuan, penentuan urutan pembelajaran, dan uji kelayakan terbatas, (3) pengembangan bentuk produk awal dengan pemetaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, pembuatan draft, dan storyboard, (4) uji coba perorangan (5) revisi terhadap produk dari hasil uji coba perorangan, (6) uji coba kelompok kecil, (7) revisi produk berdasar hasil uji coba kelompok kecil, (8) uji coba lapangan, (9) melakukan revisi produk akhir berdasar uji coba lapangan, dan (10) desiminasi dan implementasi produk. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa yang terdiri dari tiga siswa uji coba perorangan, sembilan siswa uji coba kelompok kecil, dan 20 siswa uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, dan angket respon untuk siswa. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil validasi materi menunjukkan skor rata-rata 80 termasuk kriteria sangat baik. Sedangkan hasil validasi media menunjukkan skor rata-rata 70 termasuk kriteria baik. Tanggapan siswa terhadap produk yang dikembangkan termasuk baik yaitu dengan perolehan skor rata-rata 17,9 atau sebesar 89,5% siswa menyatakan bahwa produk pengembangan ini layak untuk digunakan sebagai sumber belajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11840

Actions (login required)

View Item View Item