Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Se-gugus 4 Kecamatan Bantul

Mariana, Siti (2014) Pengaruh Penggunaan Media Boneka Tangan terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas V SD Se-gugus 4 Kecamatan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-mariana-12712259022.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan bercerita siswa kelas V SD se-gugus 4 Kecamatan Bantul. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-postest group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD se-gugus 4 Kecamatan Bantul pada semester I tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih sebanyak tiga kelas dengan menggunakan teknik cluster sampling. Kelompok eksperimen berjumlah dua kelas diberi perlakuan menggunakan media boneka tangan sedangkan kelompok kontrol berjumlah satu kelas menggunakan media gambar berseri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes.Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan bercerita siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Instrumen tes divalidasi dengan teknik expert judgement kemudian diujicobakan. Hasil ujicoba dianalisis menggunakan Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS versi 16.0 untuk mengetahui reliabilitasnya. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene Test pada SPSS. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Hasil analisis kemudian diuji signifikansinya dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor keterampilan bercerita kelompok kontrol dan kelompok eksperimen I dan II berdistribusi normal dan homogen. Kelompok kontrol memperoleh rata-rata skor pretest 16,07 dan posttest 16,60, kelompok eksperimen I memperoleh rata-rata skor pretest 16,13 dan posttest 20,97, sedangkan kelompok eksperimen II memperoleh skor pretest 15,80 dan postest 20,90. Peningkatan rata-rata skor yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 0,53, kelompok eksperimen I sebesar 4,83 dan kelompok eksperimen II sebesar 5,10. Hasil uji-t kelompok kontrol dan kelompok eksperimen I adalah sig. 2 tailed 0,000 < 0,05. Demikian juga hasil uji-t kelompok kontrol dan kelompok eksperimen II menunjukkan nilai sig. 2 tailed 0,000 < 0,05. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan bercerita siswa kelas V SD se-gugus 4 Kecamatan Bantul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media boneka tangan, keterampilan bercerita
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11833

Actions (login required)

View Item View Item