WORKSHOP MENULIS DAN MEDIA KONTEKSTUAL; MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR

Ari Kusmiatun, S. Pd., M. Hum. (2006) WORKSHOP MENULIS DAN MEDIA KONTEKSTUAL; MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS DI SEKOLAH DASAR. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Ari_Kusmiatun.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Di jenjang sekolah dasar, siswa diharapkan sudah memiliki kemahiran dalam berbahasa Indonesia, termasuk menulis, sesuai tuntut¬an perkembangan zaman yang semakin pesat. Kenyataan di lapang¬an menunjukan sebuah fenomena bahwa keterampilan ber¬bahasa siswa, khususnya menulis, dirasakan rendah dari sekolah dasar sampai jenjang perguruan tinggi. Jika keterampilan menulis diajarkan secara serius sejak di sekolah dasar, bukan suatu hal yang tidak mungkin jika keterampilan menulis di jenjang pendidikan selanjutnya akan lebih baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan yang mengambil setting di SD Muh. Miliran Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa di kelas V, yang dominan perem-puan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tindakan workshop menulis dan media kontekstual secara serentank dalam kedua siklus tersebut. Pengumpulan data, instrumen pengumpul data, analisis data, serta validitas dan reliabilitas data dilakukan sesuai prinsip dan prosedur penelitian tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model workshop me¬nulis dan media kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa di sekolah dasar, baik secara proses dan hasil. Pembelajaran menulis secara proses dapat meningkat dengan penerapan model workshop menulis dan media kontekstual. Guru dapat melakukan model belajar dan menggunakan media secara baik. Siswa juga dapat menikmati belajar menulis, merasa senang, tertarik, tidak bosan, belajar menulis. Sementara itu, secara hasil tulisan siswa juga memiliki kenaikan skor dan nilai secara cukup memuaskan. Peningkatan yang sangat tampak dari tulisan siswa adalah dari sisi isi dan pengembangannya. Model workshop me¬nulis dan media kontekstual memacu kreativitas dan imajinasi mereka dapat berkembang. Kata kunci: keterampilan menulis, workshop menulis, media kontekstual FBS, 2006 (PEND. BHS & SASTRA INDONESIA)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
LPPM
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Date Deposited: 28 Jun 2012 03:07
Last Modified: 02 Oct 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item View Item