Analisis Perbandingan Kualitas Buku Sekolah Elektronik (BSE) dengan Non-BSE Mata Pelajaran Sains untuk Sekolah Dasar Menggunakan Instrument yang Merujuk pada Science Textbook Rating System

Jumanto, jumanto (2014) Analisis Perbandingan Kualitas Buku Sekolah Elektronik (BSE) dengan Non-BSE Mata Pelajaran Sains untuk Sekolah Dasar Menggunakan Instrument yang Merujuk pada Science Textbook Rating System. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jumanto-11712251014.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan kualitas Buku Sekolah Elektronik (BSE) dengan non-BSE mata pelajaran sains untuk sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah empat buah BSE sains SD yang meliputi dua buku untuk kelas III dan dua buku untuk kelas V, dan empat buah buku sains SD non-BSE yang meliputi dua buku untuk kelas III dan dua buku untuk kelas V. Hipotesis awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah tidak ada perbedaan kualitas antara buku sains BSE dan non-BSE untuk sekolah dasar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari daftar isian, yang disusun peneliti dengan merujuk pada Science Textbook Rating System yang dibuat oleh Collette & Chiapetta, dan grafik keterbacaan Fry yang telah dimodifikasi sehingga dapat digunakan untuk mengukur keterbacaan buku teks yang berbahasa Indonesia. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS 17.0 for Windows, untuk menguji apakah terdapat perbedaan kualitas antara buku sains BSE dan non BSE untuk sekolah dasar. Teknik independent sample T-test menunjukkan hasil uji-t sebesar 0,564 dengan t-tabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan nilai tersebut, disimpulkan bahwa hipotesis awal dapat diterima. Sehingga hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kualitas antara buku sains BSE dan non-BSE untuk sekolah dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kualitas, BSE, non-BSE, buku teks
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11823

Actions (login required)

View Item View Item