Pengembangan Buku Pelajaran Tematik-Integratif dengan Tema “Mari Bermain Sambil Berolahraga” Berbasis Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab untuk Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar 2 Padokan Bantul

Sari, indah perdana (2014) Pengembangan Buku Pelajaran Tematik-Integratif dengan Tema “Mari Bermain Sambil Berolahraga” Berbasis Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab untuk Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar 2 Padokan Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-indah-perdana-sari-12712251034.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui keefektifan buku pelajaran tematik-integratif dengan tema “Mari Bermain Sambil Berolahraga” berbasis nilai karakter disiplin dan tanggung jawab untuk peserta didik kelas III SD. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Brog & Gall. Validasi produk melibatkan 2 orang ahli. Uji coba produk melibatkan 67 peserta didik kelas III SD 2 Padokan Bantul, melalui tiga kali uji coba yaitu uji coba awal, uji coba lapangan, dan uji lapangan operasional. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar penilaian produk, wawancara, observasi, tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku pelajaran Tematik-Integratif dengan Tema “Mari Bermain Sambil Berolahraga” Berbasis Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab untuk Peserta Didik Kelas III SD 2 Padokan Bantul layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa buku pelajaran yang dikembangkan dari aspek kelayakan isi berkategori “sangat baik” dengan rerata 56,5, aspek kebahasaan berkategori “sangat baik” dengan rerata 26,5, aspek penyajian berkategori “sangat baik” dengan rerata 41, dan aspek kegrafikaan berkategori “sangat baik” dengan rerata 51. Hasil untuk pengamatan nilai karakter disiplin terhadap peserta didik menggunakan buku pelajaran yang dikembangkan lebih tinggi daripada penggunaan buku pelajaran yang biasa dipakai dengan hasil uji-t= -3,110 dengan p sebesar 0,000 dan pengamatan nilai karakter tanggung jawab terhadap peserta didik menggunakan buku pelajaran yang dikembangkan lebih tinggi daripada penggunaan buku pelajaran yang biasa dipakai nilai dengan hasil uji-t= -4,440 dengan p sebesar 0,003. Selain itu, data nilai hasil belajar peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan buku pelajaran yang dikembangkan adalah 100% peserta didik tuntas dalam pembelajaran baik pada uji coba awal, uji coba lapangan, dan uji lapangan operasional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku pelajaran, tematik-integratif, nilai karakter disiplin, nilai karakter tanggung jawab
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11822

Actions (login required)

View Item View Item