Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2 Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Rahman, Budi (2014) Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan melalui Media Flashcard pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2 Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-budi-rahman-12712259019.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2 Kecamatan Daha Barat Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan desain model Kemmis & Taggart. Subjek penelitian adalah 18 siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2 tahun pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes unjuk kerja, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan, soal tes unjuk kerja, dan lembar penilaian membaca. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Peningkatan keterampilan membaca permulaan dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu sebagai berikut; pertama, nilai pada aspek ketepatan sebelum diberi tindakan sebesar 59,7%, yang termasuk dalam kategori cukup; kemudian meningkat pada siklus I menjadi 70,8%, yang termasuk dalam kategori baik; kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 93%, yang termasuk dalam kategori baik sekali; kedua, nilai pada aspek kelancaran sebelum diberi tindakan sebesar 61,1%, yang termasuk dalam kategori baik; kemudian meningkat pada siklus I menjadi 72,2%, yang termasuk dalam kategori baik; kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 88,8%, yang termasuk dalam kategori baik sekali; ketiga, nilai pada aspek kejelasan sebelum diberi tindakan sebesar 59,7%, yang termasuk dalam kategori cukup; kemudian meningkat pada siklus I menjadi 71,3%, yang termasuk dalam kategori baik; kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 90,7%, yang termasuk dalam kategori baik sekali.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Buku Pelajaran Tematik-Integratif dengan Tema “Mari Bermain Sambil Berolahraga” Berbasis Nilai Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab untuk Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar 2 Padokan Bantul
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11818

Actions (login required)

View Item View Item