Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pengasuhan Orangtua terhadap Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas 5 SDIT Kota Cilegon Provinsi Banten

Ansarulloh, ansarulloh (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pengasuhan Orangtua terhadap Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas 5 SDIT Kota Cilegon Provinsi Banten. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-ansarulloh.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh kecerdasan emosional dan pengasuhan orangtua terhadap kemandirian belajar siswa kelas 5 SDIT Kota Cilegon Provinsi Banten. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDIT Kota Cilegon Provinsi Banten yang berjumlah 97 siswa dan semuanya diambil sebagai subjek penelitian. Data pengasuhan orangtua, kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dikumpulkan dengan instrumen angket skala Likert 1-5. Sebelum digunakan untuk mengumpulkan data di lapangan, ketiga instrumen angket telah divalidasi melalui konsultasi dengan ahli (expert judgment) untuk penyusunan instrumen dan kesesuaian dengan kisi-kisi dan selanjutnya diujicoba pada siswa kelas 5 SD Al Azhar yang berjumlah 30 siswa. Setelah memenuhi persyaratan validitas butir instrumen dan reliabilitas selanjutnya ketiga instrumen digunakan untuk memperoleh data penelitian. Uji validitas butir dilakukan dengan metode corrected item-total correlation, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan metode Alpha Cronbach. Analisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dilakukan dengan analisis regresi linier ganda. Analisis regresi ini menghasilkan nilai F hitung dan p dan juga nilai t hitung dan p untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional memberikan pengaruh yang bermakna dan positif terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SDIT di Kota Cilegon Provinsi Banten (t hitung = 3,663, p = 0,000). Variabel pengasuhan orangtua memberikan pengaruh yang bermakna dan positif terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SDIT di Kota Cilegon Provinsi Banten (t hitung = 3,135, p = 0,002). Variabel kecerdasan emosional dan pengasuhan orangtua secara bersama-sama memberikan pengaruh yang bermakna (signifikan) terhadap kemandirian belajar siswa kelas 5 SDIT di Kota Cilegon Provinsi Banten (F hitung = 44,176, p = 0,000). Dapat disimpulkan bahwa semakin baik pengasuhan orangtua dan kecerdasan emosional siswa, semakin baik pula kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:45
Last Modified: 08 May 2019 15:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11816

Actions (login required)

View Item View Item