Ansarulloh, ansarulloh (2014) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Pengasuhan Orangtua terhadap Kemandirian Belajar pada Siswa Kelas 5 SDIT Kota Cilegon Provinsi Banten. S2 thesis, UNY.
|
Text
abstrak-ansarulloh.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh kecerdasan emosional dan pengasuhan orangtua terhadap kemandirian belajar siswa kelas 5 SDIT Kota Cilegon Provinsi Banten. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kuantitatif yang bersifat ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDIT Kota Cilegon Provinsi Banten yang berjumlah 97 siswa dan semuanya diambil sebagai subjek penelitian. Data pengasuhan orangtua, kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dikumpulkan dengan instrumen angket skala Likert 1-5. Sebelum digunakan untuk mengumpulkan data di lapangan, ketiga instrumen angket telah divalidasi melalui konsultasi dengan ahli (expert judgment) untuk penyusunan instrumen dan kesesuaian dengan kisi-kisi dan selanjutnya diujicoba pada siswa kelas 5 SD Al Azhar yang berjumlah 30 siswa. Setelah memenuhi persyaratan validitas butir instrumen dan reliabilitas selanjutnya ketiga instrumen digunakan untuk memperoleh data penelitian. Uji validitas butir dilakukan dengan metode corrected item-total correlation, sedangkan uji reliabilitas dilakukan dengan metode Alpha Cronbach. Analisis pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dilakukan dengan analisis regresi linier ganda. Analisis regresi ini menghasilkan nilai F hitung dan p dan juga nilai t hitung dan p untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional memberikan pengaruh yang bermakna dan positif terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SDIT di Kota Cilegon Provinsi Banten (t hitung = 3,663, p = 0,000). Variabel pengasuhan orangtua memberikan pengaruh yang bermakna dan positif terhadap kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SDIT di Kota Cilegon Provinsi Banten (t hitung = 3,135, p = 0,002). Variabel kecerdasan emosional dan pengasuhan orangtua secara bersama-sama memberikan pengaruh yang bermakna (signifikan) terhadap kemandirian belajar siswa kelas 5 SDIT di Kota Cilegon Provinsi Banten (F hitung = 44,176, p = 0,000). Dapat disimpulkan bahwa semakin baik pengasuhan orangtua dan kecerdasan emosional siswa, semakin baik pula kemandirian belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 19 Jan 2015 02:45 |
Last Modified: | 08 May 2019 15:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11816 |
Actions (login required)
View Item |