Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Mind Map untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Siswa SMP

Lukman, lukman (2013) Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Mind Map untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-lukman.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan bahan ajar dengan model mind map yang layak digunakan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) untuk siswa SMP, dan (2) mengetahui keefektifan bahan ajar hasil pengembangan dalam meningkatkan pemahaman konsep pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development, R&D) yang mencakup 8 (delapan) langkah kegiatan, yaitu: mengumpulkan informasi dan penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi produk uji coba terbatas, uji coba lapangan, revisi produk uji coba lapangan, produk akhir. Subjek coba dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 3 Berbah yang berjumlah 71 siswa dengan rincian: 9 siswa untuk uji coba terbatas, 31 siswa untuk uji coba lapangan dan 31 siswa untuk kelompok pembanding yang menggunakan buku paket IPS. Kelayakan produk divalidasi oleh 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Uji efektifitas dilakukan dengan membandingan skor postes antara kelompok yang menggunakan bahan ajar dengan model mind map dengan kelompok yang menggunakan buku paket IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian adalah sebagi berikut: (1) menghasilkan bahan ajar dengan model mind map untuk pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial siswa SMP yang dikemas dalam bentuk buku dengan materi “Perkembangan Pada Masa Islam di Indonesia”. Produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan validasi dari ahli materi, ahli media, uji coba terbatas, serta uji coba lapangan. Kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi I dengan hasil 3,29 (sangat baik) dan ahli materi II dengan hasil 2,85 (baik), sedangkan untuk kelayakan produk berdasarkan validasi ahli media I dengan hasil 3,69 (sangat baik) dan ahli media II dengan hasil 3,14 (baik), uji coba terbatas dengan hasil 3,51 (sangat baik), dan uji coba lapangan dengan hasil 3,47 (sangat baik). (2) Bahan ajar hasil pengembangan untuk siswa kelas VII di SMP N 3 Berbah ini efektif digunakan untuk pembelajaran IPS. Hal ini ditunjukan dari hasil analisis pretes dan postes. Peningkatan skor postes pada kelas yang menggunakan bahan ajar dengan model mind map sebesar 13,87% dengan nilai gain score 0,45 dan ketuntasan siswa 100%. Sedangkan kelas yang menggunakan buku paket IPS dengan peningkatan skor postes sebesar 10,26% dengan nilai gain score 0,35 dan ketuntasan siswa 87,1%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:44
Last Modified: 08 May 2019 15:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11808

Actions (login required)

View Item View Item