Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer dan Keefektifannya terhadap Kemandirian Belajar dan Penguasaan Konsep pada Materi Bryophyte

Wahyuni, sri (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer dan Keefektifannya terhadap Kemandirian Belajar dan Penguasaan Konsep pada Materi Bryophyte. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
asbstrak-sri-wahyuni.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakanmedia pembelajaran berbantuan komputer pada materi Bryophytheuntuk peserta didik kelas X, dan 2) keefektifan media pembelajaran berbantuan komputer terhadap kemandirian belajar dan penguasaan konsep peserta didik kelas X SMA negeri I Girimulyo. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model 4-Dmeliputi define (pendefinisian), design (perancangan),develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Kelayakan media divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat pendidik biologi, dan empat teman sejawat. Subjek coba pada penelitian ini adalah 47 peserta didik kelas X SMA Negeri I Girimulyo dengan rincian: 9 siswa untuk ujicoba terbatas, dan 38 siswa untuk ujicoba lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, lembar observasi dan tes (pretes dan postest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan ditinjau dari aspek kesesuaian materi dengan kurikulum, aspek kualitas materi pembelajaran, aspek kualitas bahasa, aspek kualitas visual, aspek keterbacaan teks, aspek kualitas gambar, aspek keserasian warna, aspek kualitas audio, aspek tata letak, aspek animasi, aspek interaksi dengan media, aspek kegrafikan, dan aspek kemandirian belajar menurut ahli materi, ahli media, pendidik biologi, teman sejawat, peserta didik ujicoba terbatas maupun peserta didik ujicoba lapangan secara umum berkategori baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk pengembangan media pembelajaran biologi berbantuan komputer yang telah dikembangkan sudah layak digunakan, dan 2) media pembelajaran komputer ini efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar dan penguasaan konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Jan 2015 02:43
Last Modified: 08 May 2019 15:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11766

Actions (login required)

View Item View Item