Mega Teguh, Budiarto (2005) PROSES ABSTRAKSI SISWA SMP KELAS 1 DALAM MENGKONSTRUKSI KUBUS DARI RANGKAIAN 6 PERSEG. Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan & Penerapan MIPA 2005. ISSN 979-96880-4-3
|
Text
PM-3 Mega UNESA.pdf Download (52kB) | Preview |
Abstract
Dalam makalah ini, penulis mengajukan sebuah pendekatan terhadap proses identifikasi teoritis dan empiris dari abstraksi dalam konteks mengkonstruksi kubus dari rangkaian persegi. Pemikiran tentang abstraksi muncul dari analisis terhadap data wawancara. Yang dimaksud abstraksi adalah aktivitas tentang reorganisasi vertikal terhadap matematika yang telah dikonstruksi sebelumnya menjadi sebuah struktur matematika yang baru. Istilah aktivitas digunakan untuk menekankan bahwa abstraksi adalah sebuah proses yang mempunyai sejarah, yang bisa memperkaya alat-alat dan artifak, dan ini terjadi dalam sebuah latar sosial yang khusus. Penulis mempresentasikan sebuah model terjadinya abstraksi dalam mengkonstruksi kubus dari rangkaian persegi. Komponen utama dalam model terdiri dari tiga aksi epistemik tersarang yang dinamis yaitu mengkonstruksi, mengenal, dan merangkai. Mempelajari abstraksi berarti mengidentifikasi ketiga aksi tersebut pada siswa yang berperanserta dalam sebuah aktivitas akstraksi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | abstraksi; aktivitas; konstruksi ilmu pengetahuan; konteks, mengkonstruksi, mengenal, dan merangkai |
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2005 |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 20 Jan 2015 07:17 |
Last Modified: | 20 Jan 2015 07:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11745 |
Actions (login required)
View Item |