Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Group Investigation (GI) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Himpunan

Sapitri, Sapitri (2013) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Group Investigation (GI) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Himpunan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sapitri-11709259002.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI, dan (2) manakah yang lebih efektif antara kedua metode tersebut ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen.Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VII SMP IT Nurul Ilmi Kota Jambi. Dari populasi yang ada dipilih kelas VII-B dan kelas VII-C sebagai sampel secara acak dari tiga kelas yang ada. Kelas VII-B dikenai perlakuan dengan menggunakan pendekatan STADdan kelas VII-C dikenai perlakuan dengan menggunakan pendekatan GI. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes kemampuan berpikir kritis yang terdiri dari empat butir soal dantes kemampuan komunikasi matematis yang terdiri dari tiga butir soal. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan STADdan pendekatan GIpada masing-masingvariabel, data dianalisis dengan uji proporsi pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untukmembandingkan keefektifan pendekatan STADdan pendekatan GI, data dianalisis multivariat dengan statistik uji T2Hotellingpada tarafsignifikansi 5% . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI efektif.Tidak terdapat perbedaan keefektifan diantara keduanya ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran himpunan di kelas VII.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: STAD, GI, berpikir kritis, komunikasi matematis.
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 10 Dec 2014 04:27
Last Modified: 08 May 2019 15:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11618

Actions (login required)

View Item View Item