STUDI EKSPERIMENTAL: TEKNIK NON-KONVENSIONAL DAN TEKNIK KONVENSIONAL DALAM MEMAHAMI TEKS-TEKS BAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FBS UNY

Samsul Maarif, Drs., M.A. (2008) STUDI EKSPERIMENTAL: TEKNIK NON-KONVENSIONAL DAN TEKNIK KONVENSIONAL DALAM MEMAHAMI TEKS-TEKS BAHASA INGGRIS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FBS UNY. UNY.

[img]
Preview
Text
Samsul_Maarif.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul ‘Studi Eksperimental: Teknik Non-konvensional dan Teknik Konvensional dalam Memahami Teks-teks Bahasa Inggris Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY’ bertujuan mendeskripsikan efektivitas teknik non-konvensional dan teknik konvensional dalam memahami teks-teks bahasa Inggris. Secara terperinci, tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan memahami teks-teks bahasa Inggris mahasiswa semester I dan III Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY, (2) mendeskripsikan penerapan teknik non-kon¬ven¬sional dan konvensional dalam memahami teks-teks bahasa Inggris, dan (3) mendeskripsikan efektivitas penerapan kedua teknik mem-baca tersebut di atas. Penelitian ini menggunakan subjek mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris yang menempuh mata kuliah Reading I dan III. Pemilihan sampel semester I dan III didasarkan pada suatu alasan bahwa kedua mata kuliah tersebut ditawarkan pada semester gasal dan mahasiswa tersebut masih memiliki mata¬kuliah Reading II dan IV yang ditempuh pada semester berikutnya sehingga mereka bisa mengaplikasikan metode yang tepat. Karena jumlah mahasiswa terlalu banyak, maka sistem sampling diterap¬kan. Teknik pemilihan sampel menggunakan stratified random sampling. Tempat penelitian di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY. Teknik pengumpulan data terdiri atas dua jenis instru¬mentasi, yakni dengan teknik tes dan non-tes. Teknik tes berupa tes reading comprehension untuk mengukur kemampuan membaca mahasiswa. Selain itu, penelitian juga menggunakan teknik non-tes yang berupa questioner dan wawancara yang bertujuan untuk mengetahui sikap dan pendapat mahasiswa terkait kedua penerapan teknikpembelajaran Reading tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan me¬mahami teks-teks bahasa Inggris mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Inggris masih rendah, (2) mahasiswa lebih menyukai pene¬rapan teknik non-konvensioanl dibandingkan dengan teknik kon¬vensioanl, dan (3) teknik non-konvensioanl lebih efektif diban¬ding¬kan dengan teknik konvensioanl yang dapat dilihat dari kenaikan rerat skor pre-tes dan pos-tes. Kata Kunci: Teknik non-konvensional, teknik konvensioanl FBS, 2008 (PEND. BHS INGGRIS)

Item Type: Other
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Inggris > Pendidikan Bahasa Inggris
Date Deposited: 28 Jun 2012 01:46
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1143

Actions (login required)

View Item View Item