ANALISIS USABILITY WEBSITE AKADEMIK PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ELECTREE, GREY RELATIONAL ANALYSIS, DAN WEIGHTED PRODUCT MODEL

Ahmad Hafid, Arsyitahadi (2014) ANALISIS USABILITY WEBSITE AKADEMIK PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE ELECTREE, GREY RELATIONAL ANALYSIS, DAN WEIGHTED PRODUCT MODEL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kualitas usability website akademik perguruan tinggi di Indonesia serta untuk mengetahui pengaruh kualitas usability website terhadap peringkat dalam perankingan Webometrics. Hasil analisis kemudian disajikan dalam bentuk perankingan, menggunakan metode ELECTREE, Grey Relational Analysis, dan Weighted Product Model. Penelitian juga bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil perankingan dari ketiga metode tersebut. Objek penelitian ini adalah lima website akademik universitas negeri di Indonesia, yaitu UNY, UGM, UNDIP, UNAIR, UI. Data yang diperoleh kemudian dilakukan kalkulasi untuk memperoleh hasil penilaian. Hasil penilaian kemudian dibuat ranking menggunakan metode ELECTREE, Grey Relational Analysis, dan Weighted Product Model. Hasil perankingan dari ketiga metode kemudian disbandingkan menggunakan tes Friedman. Masing-masing hasil perankingan dari ketiga metode tersebut juga akan dibandingkan dengan hasil perankingan Webometrics yang dirilis pada bulan Januari 2014 dengan menggunakan tes Spearman. Hasil menunjukkan: (1) Hasil perankingan menggunakan metode ELECTREE, Grey Relational Analysis, dan Weighted Product Model adalah signifikan sama. Terbukti nilai probabilitas uji Friedman sebesar 75, yang notabene lebih besar dari taraf signifikansi sebesar 5%, yaitu 5,99 (2) Perbandingan hasil perankingan metode ELECTREE, Grey Relational Analysis, dan Weighted Product Model dengan hasil perankingan Webometrics adalah signifikan sama. Terbukti nilai probabilitas uji Spearman untuk metode, ELECTREE, dan Grey Relational Analysis sebesar mempunyai nilai 0,400 dan 0,850 untuk weighted product model sebesar 0,200 , yang notabene lebih dari taraf signifikansi sebesar 5%, yaitu (rs> 0,3-36) kecuali metode weighted product model. (3) Kualitas usability berpengaruh terhadap peringkat dalam perankingan Webometrics. Terbukti semakin baik kualitas usability website semakin tinggi peringkat website dalam perankingan Webometrics. Kata kunci: usability website, ELECTREE, Grey Relational Analysis, Weighted Product Model, Webometrics Ranking, website akademik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektronika > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 16 Sep 2014 08:41
Last Modified: 16 Sep 2014 08:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11282

Actions (login required)

View Item View Item