Keefektifan Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa SMP

Hirihani, Curie Putri (2013) Keefektifan Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-curie-putri-hijriani-11709251024.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan student teams achievement divisions (STAD) ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa SMP; 2) apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ditinjau dari prestasi belajar siswa SMP; dan 3) apakah model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari kepercayaan diri siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Ngaglik yaitu sebanyak 144 orang yang terbagi dalam empat kelas sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang ditentukan secara acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes prestasi yang terdiri dari soal pretest dan posttest serta angket kepercayaan diri dengan koefisien reliabilitas r = 0,872; 0,719; dan 0,772. Standard Error of Measurement (SEM) pada masing-masing instrumen tes prestasi yang terdiri dari soal pretest dan posttest serta angket kepercayaan diri berturut-turut adalah 1,808; 1,899; 3,796. Tehnik analisis data terdiri dari analisis secara deskriptif dan analisis inferensial. Analisis data inferensial meliputi: 1) one sample t-test yang digunakan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD pada masing-masing variable yaitu prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa; 2) analisis multivariat yang digunakan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD secara simultan pada kedua variabel dependen; 3) uji lanjut dengan prosedur Bonferroni, yang digunakan untuk untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif antara pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD ditinjau dari prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa, tetapi efektif ditinjau dari kepercayaan diri siswa; 2) model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ditinjau dari prestasi belajar siswa; dan 3) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw tidak lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning Tipe Jigsaw, Cooperative Learning Tipe STAD, prestasi dan kepercayaan diri
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2014 16:02
Last Modified: 08 May 2019 15:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11264

Actions (login required)

View Item View Item