Pengembangan Pembelajaran Mata Kuliah Instalasi Listrik Dengan Media Interaktif Terinovasi Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif

Mutaqin, M.Pd., MT and Sukir, Drs., M. T. and Rahmadi Heru Setianto, Drs., M.Pd. (2006) Pengembangan Pembelajaran Mata Kuliah Instalasi Listrik Dengan Media Interaktif Terinovasi Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif. Edukasi@Elektro, 2 (3). pp. 157-168. ISSN 1829-989X

[img]
Preview
Text
Pengembangan pembelajaran Instalasi Listrik dengan media interaktif terinovasi melalui strategi pembelajaran kooperatif oleh Mutaqin, Sukir dan Rahmadi_7.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan, pertama, ingin mengetahui metode penerapan strategi pembelajaran kooperatif yang tepat pada mata kuliah Instalasi Listrik dengan menggunakan media interaktif terinovasi. Ke dua, mengetahui seberapa besar pencapaian kompetensi hasil belajar mata kuliah Instalasi Listrik dengan menggunakan media pembelajaran interaktif terinovasi melalui pembelajaran kooperatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Langkah-langkah yang diambil meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi sebagai satu siklus. Selanjutnya dilakukan perencanaan kembali untuk menentukan langkah yang harus dilakukan berikutnya jika hasil yang dicapai belum optimal. Dalam setiap siklus diterapkan strategi pembelajaran kooperatif dengan pendekatan yang berbeda, yakni terbimbing, kerjasama dan diskusi dalam kelompok, serta kerjasama dalam kelompok yang terbimbing. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara kolaborasi antara peneliti dan kolaborator dan partisipan, melakukan observasi pada pelaksanaan pembelajaran di kelas. Pengambilan data digunakan instrumen penelitian berupa kuisioner, lembar evaluasi dan observasi, serta pedoman wawancara terbuka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada mata kuliah Instalasi Listrik dengan menggunakan media interaktif terinovasi, ternyata berdasarkan tanggapan mahasiswa pada penelitian ini metode yang paling tepat dilakukan adalah dengan metode diskusi kerja kelompok terbimbing. Berdasarkan capaian hasil prestasi mahasiswa pada penerapan strategi pembelajaran kooperatif pada mata kuliah Instalasi Listrik dengan menggunakan media interaktif terinovasi diperoleh skor rat-rata tertinggi terdapat pada penerapan metode diskusi kerja kelompok, disusul metode diskusi kerja kelompok terbimbing dan terendah melalui metode ceramah. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, media interaktif terinovasi, kompetensi instalasi listrik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif, media interaktif terinovasi, kompetensi instalasi listrik.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Drs. Sukir, M.T.
Date Deposited: 22 Aug 2014 07:19
Last Modified: 11 Sep 2014 03:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11232

Actions (login required)

View Item View Item