Upaya Pencapaian Keberhasilan Kompetensi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik Melalui Penerapan Prinsip Mengajar Dengan Sukses

Sukir, Drs., M.T. (2006) Upaya Pencapaian Keberhasilan Kompetensi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik Melalui Penerapan Prinsip Mengajar Dengan Sukses. Edukasi@Elektro, 1 (2). pp. 87-95. ISSN 1829-989X

[img]
Preview
Text
Upaya pencapaian kompetensi pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik melalui penerapan prinsip mengajar dengan sukses oleh Sukir_6.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pola penerapan prinsip mengajar dengan sukses sehingga pencapaian kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik dapat berhasil, dan (2) untuk mengetahui kompetensi mahasiswa pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik setelah dilakukan penerapan prinsip mengajar dengan sukses tersebut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) yang mengacu pada model Elliot. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun akademik 2003/2004 pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik. Cara yang digunakan untuk memperoleh data penelitian antara lain: (1) kolaborasi antara peneliti dengan kolaborator; (2) observasi; (3) kuisioner; (4) wawancara kepada mahasiswa sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola penerapan prinsip mengajar dengan sukses pada mata kuliah Analisis Sistem Tenaga Listrik yaitu mempersiapkan proses belajar mengajar yang matang dan lengkap, melaksanakan proses belajar mengajar sesuai dengan perencanaan, ditambah banyak latihan, tugas rumah, tugas kelompok untuk membuat ringkasan dari bahan acuan bahasa Inggris, pembuatan paper, kliping, pemberian umpan balik, dan ditunjang kebiasaan perkuliahan yang baik, serta (2) melalui pola penerapan prinsip mengajar dengan sukses seperti tersebut di atas ternyata membuat mahasiswa bersemangat, motivasi belajar semakin tinggi dan kompetensi yang dicapai mahasiswa tergolong baik, yang ditunjukkan dengan nilai tes kompetensi 66 sampai 70 (4 mahasiswa), nilai 71 sampai 75 (13 mahasiswa), nilai 76 sampai 80 (5 mahasiswa), dan nilai 81 sampai 100 (sebanyak 2 mahasiswa). Kata kunci: kompetensi mahasiswa, dan prinsip mengajar dengan sukses.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kompetensi mahasiswa, dan prinsip mengajar dengan sukses.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Drs. Sukir, M.T.
Date Deposited: 22 Aug 2014 06:32
Last Modified: 11 Sep 2014 03:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11231

Actions (login required)

View Item View Item