PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DENGAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE (ETH) PADA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Nuri, Handayani (2014) PERBEDAAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DENGAN METODE EVERYONE IS TEACHER HERE (ETH) PADA PELAJARAN TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan metode Jigsaw pada pelajaran teknik elektronika di SMK N 2 Yogyakarta, (2) mengetahui peningakatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan metode ETH pada pelajaran teknik elektronika di SMK N 2 Yogyakarta, (3) perbedaan peningkatan hasil belajar antara siswa yang mendapat perlakuan metode Jigsaw dengan siswa yang mendapat perlakuan metode ETH, (4) mengetahui metode pembelajaran yang lebih cocok untuk pelajaran teknik elektronika di SMK N 2 Yogyakarta, antara metode jigsaw dengan ETH. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode eksperimen semu dengan Two Group, Pretest Posttest Design. Subyek dari penelitian yaitu semua siswa kelas X Teknik Audio Vidio SMK N 2 Yogyakarta yang berjumlah total 61. Penentuan besarnya sampel berdasarkan tabel yang dikembangkan Isaac dan Michael. Total siswa 61, dengan tingkat kesalahan 1% sampel minimal yaitu 60 anak. Data yang dikumpulkan yaitu hasil belajar atau nilai dari pretest dan posttest. Analisis perbedaan peningkatan menggunakan uji t test, sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dapat dilihat melalui nilai gain. Hasil penelitian diketahui bahwa : (1) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan metode jigsaw masuk dalam kategori gain rendah, (2) peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat perlakuan metode ETH masuk dalam kategori gain sedang, (3) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika antara siswa yang mendapat perlakuan metode jigsaw dengan siswa yang mendapat perlakuan metode ETH. Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknik Elektronika dengan menggunakan metode ETH lebih tinggi dibanding dengan menggunakan metode jigsaw, (4) metode ETH lebih cocok diterapkan pada mata pelajaran Teknik Elektronika di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Kata kunci : perbedaan hasil belajar, peningkatan hasil belajar, metode ETH, dan metode jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 20 Aug 2014 03:52
Last Modified: 29 Jan 2019 18:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11224

Actions (login required)

View Item View Item