Kompetensi Guru IPS Bersertifikat Pendidik dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP Kabupaten Bantul

Andriani, Nining (2013) Kompetensi Guru IPS Bersertifikat Pendidik dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak-Lutfinita-Nurwulandari.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Guru IPS Bersertifikat Pendidik dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMP Kabupaten Bantul, ditinjau dari: (a) kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran; dan (b) kompetensi profesional guru dalam penguasaan materi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi berjumlah 117 orang guru, diambil 20% untuk dijadikan sampel menjadi 24 orang guru. Untuk mengantisipasi responden yang tidak mengumpulkan data maka, sampel ditambah 10 orang guru sehingga menjadi 34 orang guru SMP se-Kabupaten Bantul. Kepala sekolah dan teman sejawat terpilih memberikan penilaian terhadap kompetensi guru IPS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, observasi dan analisis dokumen. Angket divalidasi dengan validitas konstrak (construct validity) dengan meminta pendapat ahli (expert). Selanjutnya instrumen dianalisis dengan teknik korelasi product moment. Dari instrumen yang telah dianalisis ada 2 butir yang gugur (tidak valid). Kemudian instrumen yang valid digunakan untuk melakukan penelitian. Semua data yang terkumpul dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik, terdiri atas (a) kemampuan menyusun RPP pada kategori baik, skor 58,8% . (b) pelaksanaan pembelajaran pada kategori baik, skor 52,9%, (c) penilaian pembelajaran pada kategori baik, skor 50,0%, (d) penilaian karakter oleh teman sejawat kepala sekolah pada kategori sangat baik, skor 95,6%. (2) penilaian juga dilakukan dengan mengukur kompetensi profesional pada kategori baik, skor 70,6%. Secara keseluruhan kinerja yang ditampilkan oleh Guru IPS bersertifikat di SMP Kabupaten Bantul pada kategori baik, skor 61,8%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 20 Aug 2014 05:23
Last Modified: 21 Mar 2017 07:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11209

Actions (login required)

View Item View Item