Pengaruh Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan hidup terhadap Perilaku Peduli Lingkungan

Hadi, Bambang Syaeful (2013) Pengaruh Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan hidup terhadap Perilaku Peduli Lingkungan. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Abstrak-Bambang-Syaeful-Hadi.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peran sikap dan norma subjektif mahasiswa dalam membentuk perilaku peduli lingkungan, dan (2) perbedaan perilaku peduli lingkungan antara mahasiswa yang memperoleh matakuliah PKLH Plus, mahasiswa yang memperoleh matakuliah PKLH, dan mahasiswa yang tidak memperoleh mata kuliah PKLH Penelitian ini merupakan penelitian komparasi, dengan populasi mahasiswa FISE UNY tahun 2009, berjumlah 2507 orang. Populasi diklasifikasikan menjadi tiga kelompok, yakni: (1) mahasiswa yang memperoleh matakuliah PKLH Plus, (2) mahasiswa yang memperoleh matakuliah PKLH, dan (3) mahasiswa yang tidak memperoleh mata kuliah PKLH. Berdasarkan formula Krejcie & Morgan, diperoleh sampel sebanyak 338 mahasiswa, yang ditentukan dengan proportional dan systematic random sampling. Variabel bebas terdiri atas sikap dan norma subjektif, dan variabel terikat adalah perilaku peduli lingkungan. Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang menggunakan Skala Likert. Model perilaku yang digunakan adalah Extended Fishbein Model. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan One Way Anova, dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya mahasiswa mempunyai perilaku kurang peduli terhadap lingkungan. Dari ketiga kelompok mahasiswa tersebut, mahasiswa PKLH Plus dan mahasiswa PKLH biasa mempunyai perilaku kurang peduli, kelompok mahasiswa non PKLH memiliki perilaku tidak peduli pada lingkungan. Perilaku kurang peduli terhadap lingkungan lebih disebabkan kurangnya pengetahuan terhadap dampak dari perilaku tersebut terhadap lingkungan. Atribut yang mempunyai bobot lebih besar adalah variabel sikap, dan norma subjektif mempunyai bobot lebih kecil. Proporsi bobot pada masing-masing kelompok mahasiswa adalah 74,25% dan 25,75%, 70% dan 30%, dan 69% dan 31%. Hasil Anava menunjukkan nilai F=6,948 dengan p=0,001, artinya terdapat perbedaan perilaku peduli lingkungan yang signifikan antara ketiga kelompok mahasiswa yang memperoleh porsi pendidikan lingkungan yang berbeda.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 20 Aug 2014 05:24
Last Modified: 21 Mar 2017 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11206

Actions (login required)

View Item View Item