PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADYAH 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

Ahmad, Arifin (2014) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PROGRAM STUDI TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK MUHAMMADYAH 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
6. abstrak.pdf

Download (157kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, (1) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program studi teknik audio video di SMK Muhammadiyah 1 bantul tahun ajaran 2012/2013,(2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program studi teknik audio video di SMK muhammadiyah 1 bantul tahun ajaran 2012/2013, serta (3) pengaruh lingkungan keluarga dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI program studi teknik audio video di SMK muhammadiyah 1 bantul tahun ajaran 2012/2013 Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan expost facto. Penelitian melibatkan seluruh anggota populasi yaitu siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang berjumlah 58 siswa. Hal ini dimaksudkan agar menghasilkan kesimpulan penelitian yang lebih mudah dipercaya. Variabel bebas dan terikat pada penelitian ini adalah Lingkungan Keluarga (X1), Kemandirian Belajar (X2), dan Prestasi Belajar siswa (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (7,694>2,000),nilai signifikansi = 0,000 < α = 0,05, dan sumbangan efektif sebesar 31,88%, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel (8,318>2,000), nilai signifikansi = 0,000 < α = 0,05, dan sumbangan efektif sebesar 37,37%, dan (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan oleh nilai Fhitung = 61,940 > Ftabel = 3,17, dan sumbangan efektif sebesar 69,25%. Kata kunci : prestasi belajar siswa, lingkungan keluarga, kemandirian belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:00
Last Modified: 29 Jan 2019 18:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11190

Actions (login required)

View Item View Item