Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul

Dianti, Puteri Rosiati Rakhma (2013) Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Kesetaraan Paket C Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-puteri-rosiati-rakhma-dianti-11701251021..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan prosedur pelaksanaan program Paket C dan (2) mengetahui manfaat program Paket C bagi warga belajar di PKBM Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi, dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Subjek penelitian ini adalah seluruh tutor dan pengelola di PKBM Al-Muthi’in, serta warga belajar pada angkatan 16, 17, dan 18. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan kuesioner. Teknik analisis data meliputi analisis hasil wawancara, dokumen, dan kuesioner secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang terkumpul diolah menggunakan evaluasi model CIPP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Paket C di PKBM Al-Muthi’in Banguntapan Bantul belum berjalan dengan baik, terutama pada proses pembelajaran. Hasil kedua adalah manfaat-manfaat yang diperoleh warga belajar program Paket C di PKBM Al-Muthi’in Banguntapan, Bantul di antaranya adalah memperoleh pekerjaan dan melanjutkan kuliah setelah mengikuti program Paket C.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, program Paket C, CIPP
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jun 2014 08:24
Last Modified: 11 Jul 2022 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11136

Actions (login required)

View Item View Item