Pengembangan Instrumen Penilaian Skripsi pada mahasiswa

Nurmala, Meilla Dwi (2013) Pengembangan Instrumen Penilaian Skripsi pada mahasiswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-meilla-dwi-nurmala-09701251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian skripsi di universitas dengan mengembangkan instrumen penilaian yang sahih dan handaluntuk mengukur hasil akhir dari proses belajar mahasiswa. Pengembangan instrumen penilaian skripsi di universitas ini dimaksudkan agar para dosen pembimbing maupun penguji dapat melakukan penilaian yang objektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Proses pengembangan dilakukan melalui lima tahap yaitu tahap studi awal,tahap pendefinisian,tahap perancangan,tahap pengembangan, dan tahap desiminasi. Penetapan konstruk instrumen yang terdiri dari instrumen penilaian dokumen (skripsi) dan performancedilakukan melalui pendapat para pakar dari berbagai disiplin ilmu.Subjek penelitian ini terdiri atas dua elemen yaitu dosen penguji dan mahasiswa yang sedang menempuh proses penulisan skripsi di UPI Kampus Serang, STKIP SitusBanten, dan IAIN Maulana Hasanudin Serang. Perhitungan statistik validitas menggunakan formula Aiken’s V yang memiliki hasil rata-rata keseluruhan 0,80 dan reliabilitas menggunakan teknik yang dikembangkan oleh Alpha Cronbach untuk megukur reliabilitas instrumen penilaian dari sisi tingkat reliabilitas konsistensi internal, dan teknik interater reliability yang berfungsi untuk mengukur reliabilitas antar rater. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: 1). Karakteristik instrumen yang digunakan untuk mengevaluasi skripsi sudah memiliki uji validitas isi berdasarkan expert judgment berkategori baik, dan reliabilitas uji yang di estimasi bisa dikategorikan baik. 2). Karakteristik instrumen penilaian skripsi pada mahasiswa di universitas telah dibuktikan dengan pernyataan/validasi melalui focus groupdiscussion sebanyak 1 kali.Rata-rata interater reliability cenderung lebih tinggi dibandingkan alpha cronbach.Besar interater reliability untuk penilaian skripsi yang berbentuk dokumen dengan 11 komponen dan penilaian performance 2 komponen penilaian dengan 40 indikator penilaian yang dirating yaitu 0,98, sedangkan penilaian menggunakan interater reliabilityuntuk penilaian skripsi yang berbentuk dokumen dengan 11 komponen dan penilaian performance 2 komponen penilaian dengan 40 indikator penilaianyang dirating yaitu 0,87, 3). Persyaratan yang harus dipenuhi dosen penguji agar kompeten dalam menggunanakan instrumen penilaian skripsi mahasiswa di universitas meliputi latar belakang pendidikan yang relevan, memahami pedoman penilaian skripsi mahasiswa yang berbentuk (dokumen) skripsi mahasiswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Skripsi mahasiswa
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 May 2014 07:05
Last Modified: 11 Jul 2022 08:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11128

Actions (login required)

View Item View Item