KOLABORASI TASK-BASED TEACHING DENGAN TEKNIK DISEMINASI DALAM PENGAJARAN SOSIOLINGUISTIK

Mukminatun, Siti (2009) KOLABORASI TASK-BASED TEACHING DENGAN TEKNIK DISEMINASI DALAM PENGAJARAN SOSIOLINGUISTIK. In: Bunga Rampai Model-Model Pembelajaran Bahasa, Sastra, dan Seni. Yuma Pustaka Surakarta, Surakarta, pp. 193-206. ISBN 978-602-8580-41-0

[img]
Preview
Text
Microsoft_Word_-_artikel_bunga_rampai-kolaborasi_task-based_teaching_dan_teknik_disseminasi.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Pengajaran Sosiolinguistik sebagai mata kuliah teori dihadapkan pada banyak kendala. Pengunaan teknik ceramah dan teknik presentasi murni cenderung membuat mahasiswa pasif dan tidak dapat memahami materi dengan baik. Sementara itu, pengajaran mata kuliah ini tidak hanya diarahkan pada pemahaman saja akan tetapi agar mahasiswa mengetahui penggunaan bahasa dengan tepat sehingga tujuan supaya mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi (communicative competence) tercapai. Hal ini sangat penting sekali mengingat mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UNY nantinya akan menjadi guru yang harus dapat mengarahkan siswanya untuk dapat menggunakan Bahasa Inggris dengan tepat. Pada penerapan kolaborasi Task-based Approach dan teknik diseminasi ini mahasiswa ditugaskan untuk mencari contoh penggunaan bahasa dari topik yang telah dijelaskan minggu sebelumnya. Pencarian contoh ini tidak mudah mengingat mahasiswa harus memahami dulu topik yang dijelaskan. Kesalahan pemahaman akan berakibat pada pemaparan contoh yang salah. Contoh dapat berupa potongan film, rekaman acara radio atau televisi, atau CD. Selanjutnya mahasiswa melakukan analisis sederhana. Hasil analisis tersebut harus didiseminasikan dalam bentuk presentasi. Dengan pemberian contoh tersebut, mahasiswa akan lebih dapat memahami materi yang telah dijelaskan. Manfaat lain yang diperoleh dari penggunaan kolaborasi 2 teknik ini adalah mahasiswa dan dosen aktif, mahasiswa terlatih bekerja dalam kelompok, lebih peka terhadap penggunaan bahasa, mengenal cara analisis kebahasaan secara sederhana, dan terlatih dalam presentasi. Kata Kunci: kolaborasi, task-based approach, diseminasi, sosiolinguistik

Item Type: Book Section
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Inggris > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Siti Mukminatun,SS.,M.Hum.
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:45
Last Modified: 27 Jun 2012 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1111

Actions (login required)

View Item View Item