EMPOWERING THE STUDENTS THROUGH LISTENING DIARIES TO MOTIVATE THEM TO IMPROVE THEIR LISTENING ABILITY

Mukminatun, Siti (2009) EMPOWERING THE STUDENTS THROUGH LISTENING DIARIES TO MOTIVATE THEM TO IMPROVE THEIR LISTENING ABILITY. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 5 (2). pp. 87-96. ISSN 0216-3888

[img]
Preview
Text
EMPOWERING_THE_STUDENTS_THROUGH_LISTENING_DIARIES.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Menyimak (listening) dalam bahasa asing tidak sesederhana menyimak dalam bahasa ibu. Ketidakberhasilan siswa menemukan cara yang tepat dalam menyimak membuat nilai untuk mata kuliah ini sering tidak maksimal akibatnya semangat untuk belajar listening menurun. Proses belajar mengajar yang hanya mengandalkan pada pertemuan di kelas dirasa kurang memberikan hasil yang maksimal. Kendala tidak hanya secara teknis namun juga terletak pada materi yang diberikan. Input yang diterima siswa terbatas pada materi yang diberikan oleh pengajar yang tidak selalu sesuai dengan tingkat penguasaan, kebutuhan, dan keinginan masing-masing pembelajar. Mereka cenderung bertindak sebagai penerima yang pasif dan kendali sepenuhnya ada pada pengajar. Situasi formal di kelas sering membuat siswa tertekan dan kurang dapat berkonsentrasi. Pemberian tugas yang berupa catatan harian menyimak (listening diaries) diharapkan mampu mendorong mereka untuk meningkatkan kemampuan menyimak mereka. Mereka akan berpengalaman mencari dan memilih materi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Mereka juga mendapat kesempatan mendengarkan dan melihat pemakaian Bahasa Inggris di dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai teks yang autentik maupun non-autentik dengan situasi yang lebih santai. Selain itu listening diaries memungkinkan siswa memantau perkembangan kemampuan listening mereka sendiri.

Item Type: Article
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Inggris > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Siti Mukminatun,SS.,M.Hum.
Date Deposited: 27 Jun 2012 07:42
Last Modified: 27 Jun 2012 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1110

Actions (login required)

View Item View Item