Pengaruh Menonton Tayangan Televisi Berbahasa Inggris, Lingkungan Tempat Tinggal, dan Dukungan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP/MTs di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan

Rahayu, Varida Waty (2013) Pengaruh Menonton Tayangan Televisi Berbahasa Inggris, Lingkungan Tempat Tinggal, dan Dukungan Orang Tua terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP/MTs di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-varida-waty-rahayu-10706259032.swf

Download (151MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh menonton tayangan televisi berbahasa Inggris, lingkungan tempat tinggal, dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh menonton tayangan televisi berbahasa Inggris, lingkungan tempat tinggal, dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini menggunakan metode ex-post facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP/MTs se-kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan yang berjumlah 671 siswa. Sampel sejumlah 237 siswa ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Angket dan wawancara dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang variabel menonton tayangan televisi berbahasa Inggris (X1), lingkungan tempat tinggal (X2), dan dukungan orang tua (X3). Dokumentasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar Bahasa Inggris siswa (Y). Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan regresi ganda. Temuan penelitian adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan menonton tayangan televisi berbahasa Inggris terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa dengan nilai F regresi sebesar 17,154 dan signifikasi 0,000 (p < 0,05). (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan tempat tinggal terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa dengan nilai F regresi sebesar 19,331 dan signifikansi 0,000 (p < 0,05). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan dukungan orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa dengan nilai F regresi sebesar 24,651 dan signifikansi 0,000 (p < 0,05). (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan menonton tayangan televisi berbahasa Inggris, lingkungan tempat tinggal, dan dukungan orang tua terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa secara bersama-sama dengan nilai F regresi sebesar 12,606 dan signifikansi pada 0,000 (p < 0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tayangan televisi berbahasa Inggris, lingkungan tempat tinggal, dukungan orang tua, hasil belajar
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Bimbingan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 May 2014 07:51
Last Modified: 08 May 2019 15:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11074

Actions (login required)

View Item View Item