Peran Serta Orang Tua dalam Proses Belajar Bahasa Inggris Siswa di SDN Idaman RSBI Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Pangesturini, Ririn Nestri (2013) Peran Serta Orang Tua dalam Proses Belajar Bahasa Inggris Siswa di SDN Idaman RSBI Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ririn nestari pangesturini-10706259069.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran serta orang tua dalam proses belajar bahasa Inggris siswa. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi mengenai peran serta orang tua dalam proses belajar bahasa Inggris siswa di SDN Idaman RSBI Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah peran serta orang tua siswa dalam proses belajar bahasa Inggris di SDN Idaman RSBI Kota Banjarbaru. Informasi diperoleh dari orang tua, guru bahasa Inggris, dan siswa di sekolah tersebut. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket, dan kemudian dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi secara bersamaan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Peran serta orang tua dalam parenting termasuk pada kategori tinggi yang dimaknai bahwa orang tua memiliki kesadaran tinggi dalam menyiapkan lingkungan rumah yang memadai bagi anaknya untuk menunjang proses belajar bahasa Inggris. Orang tua menyediakan sarana prasarana belajar bahasa Inggris dan memberikan perhatian pada anak. (2) Peran serta orang tua dalam communicating termasuk pada kategori sedang. Hal ini berarti kesediaan orang tua untuk berkomunikasi dengan pihak sekolah mengenai perkembangan belajar bahasa Inggris anak cukup baik. Orang tua bersedia merespon informasi, menghadiri undangan pertemuan dengan guru terkait dengan perkembangan belajar anak, menanyakan kemajuan belajar anak, menanyakan perilaku dan kepatuhan anak di kelas, serta menginformasikan kesulitan yang dihadapi anak. (3) Peran serta orang tua dalam volunteering termasuk pada kategori tinggi yang dimaknai bahwa kesediaan orang tua untuk menjadi volunteer dalam mendukung kegiatan anak yang berhubungan dengan program pembelajaran bahasa Inggris sudah baik. Orang tua bersedia menjadi volunteer dalam kegiatan belajar anak di sekolah dan luar sekolah. (4) Peran serta orang tua dalam learning at home termasuk pada kategori tinggi yang berarti inisiatif orang tua untuk membantu proses belajar bahasa Inggris anak di rumah sudah baik. Orang tua berinisiatif menciptakan lingkungan belajar di rumah dan menjadikan sekolah sebagai prioritas anak. (5) Peran serta orang tua dalam decision making termasuk pada kategori tinggi yang dimaknai bahwa peran serta orang tua dalam pengambilan keputusan terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris anak sudah baik. Mereka mendukung dan berpartisipasi dalam pelaksanaan program pembelajaran bahasa Inggris di sekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 May 2014 03:36
Last Modified: 28 Nov 2022 06:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item