Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Pendekatan Komunikatif di SMK Negeri RSBI se-Kabupaten Klaten.

Maryanti, Rina Fitri (2013) Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Pendekatan Komunikatif di SMK Negeri RSBI se-Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rina fitri maryanti-10706259044.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu belum diketahuinya seberapa jauh implementasi pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif di SMKN RSBI se-Kabupaten Klaten yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penilaian hasil pembelajaran serta hambatan-hambatanyang dihadapi dalam proses pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran nyata implementasi pembelajaran bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif di SMKN RSBI se-Kabupaten Klaten yang meliputi hal-hal tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Penelitian dilakukan di SMKN RSBI se-Kabupaten Klaten. Populasi penelitian adalah guru bahasa Inggris dan siswa kelas X. Sampel penelitian berjumlah 283 siswa dan 19 guru bahasa Inggris. Instrumen pengumpulan data adalah lembar kuesioner untuk guru dan siswa, pedoman wawancara, dan pedoman observasi kelas. Lembar kuesioner untuk guru meliputi perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran, sedangkan lembar kuesioner siswa meliputi pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi mengenai hambatan-hambatan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perencanaan pembelajaran berada pada kategori sangat baik (skor rerata 3,5), (2) pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori baik (skor rerata 3,2), (3) penilaian hasil pembelajaran berada pada kategori baik (skor rerata 3,14), dan (4) kendala-kendala dalam pembelajaran bahasa Inggris yaitu siswa kurang motivasi, kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris, siswa cenderung kurang percaya diri untuk mengungkapkan pendapat dan mempraktikkan bahasa Inggris, serta siswa sulit memahami apabila guru menggunakan bahasa Inggris sepanjang waktu pembelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 May 2014 00:00
Last Modified: 25 Nov 2022 06:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11063

Actions (login required)

View Item View Item