Meddy, R (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris Siswa Kelas Xa SMAN 1 Tanta Kabupaten Tabalong Kalsel dengan Menggunakan Pendekatan Process-Genre. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-meddy r-10706259042.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris siswa kelas Xa SMAN 1 Tanta kabupaten Tabalong Kalsel denganmenggunakan pendekatan process-genre. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian siswa kelas Xa SMAN 1 Tanta tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus dengan menggunakan pendekatan proses-genre. Data diperoleh dengan mengamati proses pembelajaran, mewawancarai siswa dan guru, mengadakan diskusi dengan kolaborator, dan memberikan angket kepada siswa. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar wawancara, penilaian keterampilan menulis dan angket. Reduksi data, pemaparan data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menulis bahasa Inggris siswa dengan menggunakan pendekatan proses-genre. Peningkatan keterampilan menulis tersebut meliputi pemahaman konteks dan tujuan dari tulisannya dan pemahaman kosakata relevan yang digunakan untuk menulis. Mereka juga memahami struktur teks dan ciri-ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks, memahami proses menulis dan menghasilkan teks descriptive. Dengan kata lain, siswa memahami konvensi serta langkah-langkah retorika dalam menulis bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris |
Divisions: | Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 May 2014 00:07 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 07:13 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |