Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Vocabulary Self-collection Strategy pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Tabalong

Kusairi, Kusairi (2013) Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Vocabulary Self-collection Strategy pada Siswa Kelas VII A SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Tabalong. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-kusairi-10706259028.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Tabalong melalui Vocabulary Self-collection Strategy. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Tabalong tahun ajaran 2011/2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Tabalong dan guru Bahasa Inggris kelas VII A SMP Negeri 3 Tanjung Kabupaten Tabalong. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan, dan tes. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui pengamatan, dan catatan lapangan, dan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes penguasaan kosakata siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis induktif. Hasil penelitian menunjukan keberhasilan peningkatan penguasaan kosakata siswa. Hasil peningkatan tersebut dapat dilihat dari perbandingan hasil rata-rata siklus I sebesar 59,37 dan hasil rata-rata siklus II sebesar 68,75 dengan kenaikan sebesar 9,38 %. Hasil rata-rata pretes dan postes kosakata teks deskriptif pada siklus I adalah 50,62 dan 68,12, dengan kenaikan 17,5 %. Hasil rata-rata pretes dan postes teks prosedur pada siklus II adalah 64 dan 73,5, dengan kenaikan 9,5 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan Vocabulary Self-collection Strategy berhasil meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2014 05:13
Last Modified: 25 Nov 2022 06:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11043

Actions (login required)

View Item View Item