Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kompetensi Pemahaman Bacaan Berbahasa Inggris Siswa SMP Kabupaten Klaten

Wahyudi, Johan (2013) Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kompetensi Pemahaman Bacaan Berbahasa Inggris Siswa SMP Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-johan-wahyudi-10706251002.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kompetensi pemahaman bacaan berbahasa Inggris siswa SMP Kabupaten Klaten. Secara lebih mendalam, tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pengaruh kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kompetensi pemahaman bacaan berbahasa Inggris, (2) hubungan kebiasaan membaca terhadap kompetensi pemahaman bacaan berbahasa Inggris, (3) hubungan penguasaan kosakata terhadap kompetensi pemahaman bacaan berbahasa Inggris, (4) mana yang lebih berperan diantara kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata dalam memprediksi kompetensi pemahaman bacaan berbahasa Inggris siswa kelas VIII SMP Negeri Kabupaten Klaten. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, dengan kebiasaan membaca sebagai variabel bebas satu (X1) dan penguasaan kosakata sebagai variabel bebas dua (X2). Kompetensi pemahaman bacaan berbahasa Inggris sebagai variabel terikat (Y). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik proportional cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah angket dan tes. Validitas instrumen tes adalah validitas isi, reliabilitas dihitung dengan rumus KR-20 dengan nilai r sebesar 0,786 untuk penguasaan kosakata dan 0,862 untuk pemahaman bacaan. Validitas instrumen angket menggunakan validitas konstruk dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Alpha Cronbach dengan nilai r sebesar 0,950. Data dianalisis dengan teknik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Korelasi Parsial Hasil uji Regresi Ganda menunjukkan bahwa kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama berpengaruh terhadap kompetensi pemahaman bacaan berbahasa Inggris (F = 270,428 sig. dengan p < 0,05). Sebanyak 58,8% variansi kompetensi pemahaman bacaan berbahasa Inggris ditentukan oleh kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata. Hasil Korelasi Parsial menunjukkan bahwa kebiasaan membaca berkolerasi terhadap kompetensi pemahaman bacaan berbahasa Inggris (r = 0,618 sig. dengan p < 0,05). Penguasaan kosakata berkolerasi terhadap kompetensi pemahaman bacaan berbahasa Inggris (r = 0,726 sig. dengan p < 0,05). Peran penguasaan kosakata terhadap kompetensi pemahaman bacaan berbahasa Inggris lebih besar dibandingkan dengan kebiasaan membaca dengan nilai standardized coefficients beta 0,554 > 0,303.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kebiasaan membaca, penguasaan kosakata, pemahaman bacaan berbahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2014 05:13
Last Modified: 08 May 2019 15:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11042

Actions (login required)

View Item View Item