Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Pendekatan Berbasis Tugas untuk Siswa Kelas X Teknik Pemesinan di SMKN 1 Daha Selatan

Sari, Dewi Mardiana (2013) Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Pendekatan Berbasis Tugas untuk Siswa Kelas X Teknik Pemesinan di SMKN 1 Daha Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi mardiana sari-10706259048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yaitu bahan ajar mata pelajaran Bahasa Inggris yang digunakan: (1) tidak mendukung materi program teknik pemesinan; (2) belum mengintegrasikan empat keterampilan berbahasa; dan (3) tidak disusun untuk memberi kesempatan siswa agar lebih aktif menggunakan bahasa. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata pelajaran Bahasa Inggris dengan pendekatan berbasis tugas untuk siswa. Pengembangan bahan ajar ini dilakukan melalui lima tahapan, yaitu: (1) tahap studi awal yang meliputi pra survei dan analisis kebutuhan dan karakteristik siswa; (2) tahap perancangan yang meliputi analisis pembelajaran dan penetapan materi bahan ajar; (3) tahap pengembangan produk bahan ajar yang meliputi pengemasan produk bahan ajar, review produk oleh ahli media dan ahli materi; (4) tahap ujicoba dan revisi yang meliputi ujicoba satu-satu, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan; dan (5) tahap pengemasan produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa dan guru mata pelajaran kelas X Teknik Pemesinan di SMKN 1 Daha Selatan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan lembar wawancara. Data diperoleh dari lembar validasi terhadap produk oleh ahli materi dan media, serta dari tanggapan siswa dan guru yang menggunakan produk. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kualitas produk dari segi bahan ajar, isi materi dan tugas termasuk dalam kategori baik dengan masing-masing rerata skor 4,00, 3,93, dan 4,00; (2) penilaian produk dari segi media termasuk dalam kategori sangat baik dengan rerata skor 4,45; (3) penilaian guru dan siswa pada ujicoba lapangan termasuk dalam kategori baik dengan masing-masing rerata skor adalah 4,03 dan 3,88; dan (4) terdapat peningkatan skor rerata posttest dari tiga kali posttest yang diberikan, yaitu sebesar 18,44 pada posttest pertama ke posttest kedua, sebesar 15,08 pada posttest kedua ke posttest ketiga. Hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis tugas yang dikembangkan untuk siswa kelas X teknik pemesinan cocok dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2014 04:06
Last Modified: 29 Nov 2022 06:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11035

Actions (login required)

View Item View Item