SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIDANG KEAHLIAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS : PRODI PTI FT UNY)

Ahmat Anton, Wahyu AW (2014) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN BIDANG KEAHLIAN MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS : PRODI PTI FT UNY). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
anton.abstrak.skripsi.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan akhir sistem pendukung keputusan pemilihan bidang keahlian menggunakan metode analytical hierarchy process. Hasil akhir penelitian ini adalah sistem pendukung keputusan yang telah teruji kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Tahapan yang dilalui meliputi analisis kebutuhan dan studi literatur, desain sistem, pengembangan sistem, dan pengujian sistem pada aspek functionality, reliability, efficiency, dan usability. (1) Pengujian functionality dilakukan dengan menghitung nilai global preference, (2) Pengujian reliability dilakukan dengan menguji sistem dengan stress testing, (3) Pengujian efficiency dilakukan dengan melihat timing behavior, dan (4) Pengujian usability sistem pada pengguna akhir dilakukan menggunakan angket Computer System Usability Questionnaire J.R Lewis. Hasil pengujian functionality menghasilkan nilai global preference 99.5%. Pengujian reliability menunjukkan sistem dapat menangani 19.67 request per detik. Pengujian efficiency menunjukkan waktu tunggu user 1.09 detik dan pengujian usability menghasilkan nilai 0.784. Berdasarkan standar yang digunakan pada masing-masing aspek pengujian, semua hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem layak untuk digunakan pengguna akhir. Kata Kunci : analitycal hierarchy process, AHP, sistem pendukung keputusan, website quality

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 06 May 2014 04:19
Last Modified: 29 Jan 2019 18:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11029

Actions (login required)

View Item View Item