Puspitaningsih, Arin Ika (2013) Implementasi Pendidikan Karakter pada Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris di SMKN 1 Kandangan, Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.
Text
tesis-arin ika puspitaningsih-10706259049.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana guru mengimplementasikan pendidikan karakter pada kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang implementasi pendidikan karakter pada kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris yang telah dilaksanakan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Kandangan, Kalimantan Selatan. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian ini adalah tiga orang guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan enam orang siswa. Objek penelitian ini adalah proses kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris yang terdiri atas aktivitas verbal dan non-verbal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan wawancara. Instrumen pengumpulan data terdiri atas pedoman pengamatan dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Tahap analisis data tersebut mencakup data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan 10 nilai karakter pada kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris. Implementasi nilai-nilai karakter tersebut adalah (1) religiusitas dengan cara berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran; (2) toleransi dengan cara memberikan pelayanan yang sama dan membagi kelompok siswa dengan adil; (3) kedisiplinan dengan melaksanakan prosedur pembelajaran dan menggunakan waktu secara efektif; (4) kerja keras dengan cara memberikan substansi pembelajaran yang membiasakan siswa bekerja keras dan meminta siswa berusaha keras untuk mencari informasi dari berbagai sumber; (5) kemandirian dengan memberikan tugas pada siswa untuk menumbuhkan rasa percaya diri; (6) demokrasi dengan melaksanakan pembelajaran yang interaktif dan melibatkan semua siswa secara aktif selama pembelajaran; (7) kekomunikatifan dengan cara mengatur kelas, menerapkan pembelajaran dialogis, mendengarkan keluhan-keluhan siswa, memelihara komunikasi yang baik dengan siswa, dan menyajikan tugas secara lisan atau tertulis; (8) kedamaian dengan menciptakan suasana kelas yang damai dan kekerabatan di kelas yang penuh kasih sayang; (9) kegemaran membaca dengan memotivasi siswa untuk menggunakan referensi; (10) kekreatifan dengan cara pemberian tugas-tugas yang memacu siswa memunculkan karya-karya baru.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 07 May 2014 06:49 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 06:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11023 |
Actions (login required)
View Item |