Pengaruh Aktivitas Bermain dan Perseptual Motorik Terhadap Keterampilan Motorik Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah

Anggita, Gustiana Mega (2013) Pengaruh Aktivitas Bermain dan Perseptual Motorik Terhadap Keterampilan Motorik Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-gustiana-mega-anggita-11711251015.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain dan perseptual motorik terhadap keterampilan motorik siswa sekolah dasar kelas bawah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan rancangan faktorial 2 x 2 dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Subjek pada penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas bawah SD Negeri Percobaan 2 Yogyakarta dan SDIT Ar-Raihan Bantul. Data dikumpulkan menggunakan tes dan pengukuran, menggunakan instrument general motor ability test dan tes kemampuan perseptual motorik. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalan dan uji Tukey dengan memenuhi uji prasyarat yang diperlukan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut, (1) aktivitas bermain dengan alat memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan aktivitas bermain tanpa alat terhadap keterampilan motorik dengan hasil perhitungan F hitung antar kolom A B= 5,02 lebih besar dari F tabel dk pembilang V1 (a-1) (b-1) = 1, dk penyebut V2 ab (n-1) = 2x2 (7-1) = 24 sebesar 4,26. (2) Terdapat perbedaan antara model aktivitas bermain dengan alat dan model aktivitas bermain tanpa alat pada kelompok kemampuan perseptual motorik tinggi terhadap keterampilan motorik dengan hasil perhitungan model aktivitas bermain dengan alat (x ̅ = 51,33 dan s = 0,85) dan model aktivitas bermain tanpa alat (x ̅ = 49,57 dan s = 0,87). (3) Tidak terdapat perbedaan antara model aktivitas bermain dengan alat dan model aktivitas bermain tanpa alat pada kelompok dengan kemampuan perseptual motorik rendah terhadap keterampilan motorik dengan hasil perhitungan model aktivitas bermain dengan alat (x ̅ = 48,47 dan s = 1,20) dan model aktivitas bermain tanpa alat (x ̅ = 48,43 dan s = 1,27). (4) Terjadi interaksi antara model aktivitas bermain dan kemampuan perseptual motorik terhadap keterampilan motorik berdasarkan hasil analisis Varians (ANAVA) dua jalan dengan taraf signifikansi α = 0,05 diperoleh hasil perhitungan Fo interaksi (FAB) sebesar 4,57 yang lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 4,26. Berdasarkan hasil penelitian yang dicapai ternyata siswa yang memiliki kemampuan perseptual motorik tinggi menunjukkan hasil yang lebih baik jika diberikan perlakuan bermain dengan alat terhadap keterampilan motorik siswa sekolah dasar kelas bawah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: aktivitas bermain, kemampuan perseptual motorik, keterampilan motorik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 30 Apr 2014 08:21
Last Modified: 20 May 2016 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11000

Actions (login required)

View Item View Item