Evaluasi Penerapan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Dalam Proses Pembelajaran di SDN Idaman RSBI Banjarbaru

Yahya, Daud (2013) Evaluasi Penerapan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Dalam Proses Pembelajaran di SDN Idaman RSBI Banjarbaru. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-daud-yahya-10712259005.swf

Download (14MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan dan mengevaluasi penerapan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajaran di SDN Idaman RSBI Banjarbaru Penelitian ini menggunakan evaluasi model Kesenjangan. Data dikumpulkan dengan tiga metode yaitu: interview, observation dan dokumentasi. Dalam wawancara, peneliti menggali tanggapan, pengalaman dan persepsi guru dan Kepala Sekolah terkait dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Dalam observasi, peneliti mengumpulkan data tentang materi dan aktivitas pembelajaran. Dalam dokumentasi, peneliti mengumpulkan data tentang sekolah dan pembelajaran dari dokumen terkait. Untuk mencapai keterpercayaan, interpretasi data diverifikasi kembali oleh guru dan Kepala Sekolah sampai tidak ada pertentangan pandangan terhadap makna data tersebut. Akhirnya, analisa data dituangkan dalam metode kualitatif untuk menggambarkan hasil dari pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajaran belum terlaksana sepenuhnya. Tujuan penerapan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam proses pembelajaran di SDN Idaman RSBI Banjarbaru masih belum dirumuskan sampai penelitian ini dilaksanakan. Dari segi metode penerapan, Bahasa Inggris hanya sebatas pembuka, kalimat perintah sederhana dan penutup tanpa memberikan kesempatan siswa untuk secara maksimal memberikan feed back, serta belum dimasukkan dalam RPP SD Idaman RSBI. Sistem penilaian sudah terdokumentasikan dan terencana untuk keseluruhan aspek baik akademik maupun non akademik, tetapi untuk sistem penilaian yang berkaitan dengan penerapan Bahasa Inggris sebagai pengantar proses pembelajaran belum terealisasikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Bahasa Pengantar Bahasa Inggris dan Proses Pembelajaran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Apr 2014 00:34
Last Modified: 08 May 2019 14:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10970

Actions (login required)

View Item View Item