Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Kelas X Semester 2 yang Mengintegrasikan Aspek Pembentukan Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia di SMAN 1 Tanjung Kalsel

Rusni, Muhammad (2012) Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kimia Kelas X Semester 2 yang Mengintegrasikan Aspek Pembentukan Karakter untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia di SMAN 1 Tanjung Kalsel. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-rusni-10708259017.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP dan mengetahui kualitas RPP hasil pengembangan, keterlaksanaan RPP hasil pengembangan, respon peserta didik terhadap RPP hasil pengembangan dan dalam pembentukan karakter diri setelah penerapan RPP hasil pengembangan, pengaruh penerapan RPP hasil pengembangan terhadap nilai karakter, nilai keterampilan sosial, dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah Research and Development dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut: studi pendahuluan, perencanaan, penyusunan draft perangkat pembelajaran dan validasi, ujicoba terbatas, evaluasi dan revisi, ujicoba lebih luas, evaluasi dan penyempurnaan untuk memperoleh produk. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi RPP beserta lampirannya, lembar observasi aktivitas guru dalam pembelajaran, angket respon peserta didik terhadap penggunaan RPP, lembar observasi karakter peserta didik, angket respon peserta didik dalam pembentukan karakter diri, lembar observasi keterampilan sosial, dan tes hasil belajar. Teknik analisis yang digunakan adalah mengonversi data kualitatif hasil penilaian, obervasi, pengisian angket, penilaian dengan menggunakan KKM, dan uji beda. Hasil penelitian penggunaan RPP pembelajaran kimia yang mengintegrasikan aspek pembentukan karakter adalah sebagai berikut. Kualitas RPP hasil pengembangan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli pendidikan, dan praktisi adalah berkriteria “sangat baik”. Keterlaksanaan RPP hasil pengembangan berkriteria “sangat baik”. Persentase tertinggi respon peserta didik terhadap RPP hasil pengembangan berkriteria “menyenangkan” yang mencapai 60,0%. Persentase tertinggi respon peserta didik dalam pembentukan karakter diri setelah penerapan RPP hasil pengembangan berkriteria “tinggi” yang mencapai 80,0%. Persentase tertinggi penerapan RPP hasil pengembangan terhadap nilai karakter peserta didik berkriteria “tinggi” yang mencapai 94,3%. Persentase tertinggi penerapan RPP hasil pengembangan terhadap nilai keterampilan sosial peserta didik pada umumnya berkriteria “menunjukkan kemajuan” dan “memuaskan”. Persentase tertinggi ketuntasan penerapan RPP hasil pengembangan terhadap hasil belajar peserta didik mencapai 94,3%. Penerapan RPP hasil pengembangan adalah lebih baik dari pada penerapan RPP guru kimia kelas X SMAN 1 Tanjung dalam hal karakter, keterampilan sosial, dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, RPP kimia, integrasi pendidikan karakter
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2014 04:27
Last Modified: 08 May 2019 14:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10944

Actions (login required)

View Item View Item