NILAI STRATEGIS MEMANDANG BUKTI GEOMETRI SEBAGAI PROSEP DALAM PEMBELAJARAN

Faaso, Ndraha (2013) NILAI STRATEGIS MEMANDANG BUKTI GEOMETRI SEBAGAI PROSEP DALAM PEMBELAJARAN. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN 978 – 979 – 16353 – 9 – 4

[img]
Preview
Text
P - 94.pdf

Download (68kB) | Preview
Official URL: http://uny.ac.id

Abstract

Bukti mengandung proses untuk dikerjakan dan konsep matematika untuk dipikirkan. Untuk itu bukti lebih tepat dipandang sebagai prosep (proses dan konsep). Berdasarkan tinjauan dasar teori yang digunakan dalam menjelaskan prosep pada matematika kalkulasi dan komputasi, serta hasil penelitian penulis di bidang ini, pada tulisan berikut diulas nilai strategis memandang bukti geometri sebagai prosep pada pembelajaran. Tulisan ini membahas beberapa pertanyaan secara komprehensif berkaitan dengan pembelajaran geometri berdasarkan pandangan bahwa bukti sebagai prosep, antara lain: bagaimana memandang teorema agar menjadi unit kognitif dalam berpikir geometri yang sukses, bagaimana tujuan pembelajaran yang memandang bukti sebagai prosep, bagaimana tahap berpikir mengonstruksi bukti sebagai prosep, bagaimana pembelajaran yang memandang bukti sebagai prosep menjamin berlangsung konstruksi pengetahuan, mengapa siswa mampu menggunakan suatu teorema yang tidak dapat dibuktikannya, mengapa siswa mampu mengonstruksi bukti teorema geometri tetapi tidak memahami makna teorema tersebut secara geometri, bagaimana siswa yang mampu menyebutkan makna dan menyusun bukti suatu teorema tetapi kurang mampu menggunakannya memecahkan masalah, hanya sukses pada masalah rutin, bagaimana pengonstruksian bukti berlangsung dari menghubungkan fakta hingga memahami makna seluruh bukti (‘langkah maju’), dan adakah kemungkinan jalur pembuktian lain yang dapat ditempuh. Penjelasan dan pemecahan masalah pembelajaran geometri yang memadai dan komprehensif dalam tulisan ini, menunjukkan bahwa cara pandang yang digunakan merupakan alternatif untuk memperoleh hasil belajar di Indonesia yang lebih baik.. Kata kunci: prosep, bukti geometri, pembelajaran teorema geometri

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2013
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Jurusan Pendidikan Matematika
Date Deposited: 09 Dec 2013 21:14
Last Modified: 09 Dec 2013 21:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10817

Actions (login required)

View Item View Item