MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG MELIBATKAN PENGURANGAN PADA BILANGAN CACAH MELALUI PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS II SD N DEPOK 1 KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN

Siamita, Rifqilya Purbo (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA YANG MELIBATKAN PENGURANGAN PADA BILANGAN CACAH MELALUI PENERAPAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS II SD N DEPOK 1 KECAMATAN DEPOK KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rifqilya Purbo Siamita.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Depok 1 pada materi menyelesaikan soal cerita yang melibatkan pengurangan pada bilangan cacah melalui penerapan Pendidikan Matematika Realistik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Depok 1 dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes dan deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II SDN Depok 1 pada materi menyelesaikan soal cerita yang melibatkan pengurangan pada bilangan cacah. Hal itu ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan peningkatan nilai rata-rata kelas. Jumlah siswa yang mencapai KKM pada pretest sebesar 51,6 %, post test siklus I sebesar 74,19%, dan post test siklus II adalah semua siswa (100%), sedangkan nilai rata-rata kelas pada saat pretest adalah 59,29, post test siklus I adalah 73,26, dan post test siklus II adalah 86,88. Selain itu, peningkatan juga dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual, dalam menemukan sendiri strategi penyelesaian masalah kontekstual, dalam mengkomunikasikan jawaban yang mereka temukan kepada teman kelompok lain, serta dalam memberikan tanggapan terhadap jawaban yang telah disajikan oleh kelompok lain. Kata kunci : Pendidikan Matematika Realistik, Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita, Siswa Kelas II

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 Jul 2013 02:06
Last Modified: 29 Jan 2019 18:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10580

Actions (login required)

View Item View Item