PENGARUH KONSEP DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO (TAV) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL

Agus, Ariadi (2013) PENGARUH KONSEP DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO (TAV) DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA INGRIS.pdf

Download (48kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar, lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar, lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar, dan konsep diri, lingkungan sekolah, dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Muhammadiyah 1 Bantul, teknik pengambilan sampel simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 83 siswa, teknik pengambilan data menggunakan angket, dan untuk teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, dengan taraf signikiansi 5% menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh positif dan signifikan antakra variabel konsep diri dengan prestasi belajar elektronika dasar yang ditunjukkan oleh nilai sebesar 2.332 dengan koefisien signikiansi sebesar 0.022 dan koefisien regresi (b1) sebesar 0,684. Terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar elektronika dasar siswa, hal ini dibuktikan dengan adanya perhitungan bahwa sebesar 2.500 dengan koefisien signikiansi sebesar 0.014 dan koefisien regresi (b1) sebesar 0,710.terdapat pengaruh negatif dan signifikan variabel lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar elektronika dasar siswa, hal ini dibuktikan dengan adanya perhitungan bahwa sebesar -2.784 dengan koefisien signikiansi sebesar 0.007 dan koefisien regresi (b1) sebesar -0,424. Terdapat pengaruh konsep diri, lingkungan sekolah, dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama terhadap prestasi belajar elektronika dasar. Hal ini didasarkan atas pengujian analisis regresi ganda diperoleh sebesar 5,047, nilai signifikansi sebesar 0,003, nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,161 yang berarti bahwa perubahan dalam prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh perubahan dari konsep diri, lingkungan sekolah, dan lingkungan teman sebaya sebanyak 16,1%. Sedangkan sisanya 83,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: konsep diri, lingkungan sekolah, lingkungan teman sebaya, prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 20 Jun 2013 02:02
Last Modified: 29 Jan 2019 18:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10566

Actions (login required)

View Item View Item