IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MUTIHAN WATES KULON PROGO

Fajaryanti, Mare Asia (2013) IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MUTIHAN WATES KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Mare Asia Fajaryanti.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar Muhammadiyah Mutihan Wates Kulon Progo. Aspek yang diteliti meliputi tahap persiapan, proses pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang berlokasi di SD Muhammadiyah Mutihan Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo dengan jumlah responden 18 guru kelas. Metode penelitian yang digunakan berupa metode angket, wawancara, dan studi dokumentasi. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian mengenai permasalahan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SD Muhammadiyah Mutihan Wates Kulon Progo yang meliputi tahap persiapan, proses pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut, secara keseluruhan menunjukkan rata-rata tingkat permasalahan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling rendah, dengan rincian yaitu (1) permasalahan tahap persiapan sebesar 55,56%, dan termasuk dalam tingkat kategori permasalahan sedang, dengan aspek masalah tertinggi pada penyusunan satuan layanan, penyusunan satuan pendukung dan pemahaman guru tentang BK; (2) permasalahan tahap proses pelaksanaan sebesar 30,06%, dan termasuk dalam tingkat kategori permasalahan rendah, dengan aspek masalah tertinggi pada pelaksanaan home visit, pengembangan profesionalisme guru di bidang BK, dan masalah kelengkapan administrasi BK; (3) permasalahan tahap evaluasi sebesar 42,06%, dan termasuk dalam tingkat kategori permasalahan sedang, dengan aspek masalah tertinggi pada penyusunan laporan program BK, masalah koordinasi/evaluasi bersama, dan pendokumentasian seluruh hasil pelaksanaan program BK; dan (4) permasalahan tahap tindak lanjut sebesar 13,89%, dan termasuk dalam tingkat kategori permasalahan sangat rendah. Kata kunci : layanan BK di SD, guru kelas, SD Muhammadiyah Mutihan Wates Kulon Progo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2013 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 18:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10542

Actions (login required)

View Item View Item