PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V SD SE GUGUS 3 KARANGSARI PENGASIH KULON PROGO

Amirudin, - (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) SISWA KELAS V SD SE GUGUS 3 KARANGSARI PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Amirudin.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang kurang dapat memotivasi siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar dan sulitnya pencapaian KKM pada mata pelajaran IPA merupakan masalah yang harus segera diselesaikan. Strategi PAKEM merupakan strategi pembelajaran dengan mengedepankan keaktifan siswa dan penciptaaan kondisi pembelajaran yang menyenangkan. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi PAKEM terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Se- Gugus 3 Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Variabel terikat pada penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar IPA, variabel bebas adalah strategi PAKEM dan pembelajaran biasa menggunakan metode demonstrasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang ada di Gugus 3 Karangsari. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangsari II Pengasih dan SDN Sendang yang diambil menggunakan teknik sampling purposive. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kontrol adalah simple random sampling dengan cara diundi yang didapatkan kelompok kontrol adalah SDN Sendang dan kelompok eksperimen adalah SDN Karangsari II Pengasih. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket, dan lembar observasi. Rumus teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah t-test untuk menguji hipotesis yang didahului dengan uji prasyarat analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar IPA secara signifikan antara kelompok eksperimen dengan menerapkan strategi PAKEM dan kelompok kontrol dengan pembelajaran biasa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test yang pada taraf signifikansi 5% (tingkat kepercayaan 95%) diperoleh thitung = 2,575 untuk motivasi belajar dan thitung = 3,255 untuk hasil belajar. Nilai thitung selanjutnya dibandingkan dengan nilai ttabel. Nilai thitung = 2,575 > ttabel = 1,688 untuk motivasi belajar dan nilai thitung = 3,255 > ttabel = 1,688 untuk hasil belajar, sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan yang ada adalah signifikan karena thitung > ttabel. Kelompok eksperimen memperoleh post test lebih baik dibandingkan kelompok kontrol yaitu rata-rata motivasi belajar kelompok eksperimen 87,42 dan kelompok kontrol 81,05. Rata-rata hasil belajar kelompk eksperimen 66,32 dan kelompok kontrol 48,68. Kata kunci : Pembelajaran IPA, Strategi PAKEM, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 Jun 2013 00:53
Last Modified: 07 Sep 2015 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10539

Actions (login required)

View Item View Item