PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ANTARA KELAS DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PITURUH KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO

Wardani, Dika Setya (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ANTARA KELAS DENGAN MODEL QUANTUM TEACHING DAN ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI PITURUH KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dika Setya Wardani.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara kelas yang diajar dengan model Quantum Teaching dan Role Playing pada siswa kelas V SD Negeri Pituruh, Kabupaten Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalen pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Pituruh yang berjumlah 43 siswa, dengan rincian 21 dari kelas VA sebagai kelompok eksperimen menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan 22 dari kelas VB sebagai kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran Role Playing. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan tes pilihan ganda dan angket. Uji validitas instrumen tes pilihan ganda menggunakan teknik validitas internal dengan analisis butir dan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-21. Uji validitas instrumen angket menggunakan teknik validitas internal dengan analisis butir dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Tes pilihan ganda dan angket diberikan pada saat sebelum dan setelah diberi perlakuan pada masing-masing kelompok. Tes pilihan ganda digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif IPS siswa, sedangkan angket digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar afektif siswa. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara kelas yang diajar menggunakan model Quantum Teaching dan Role Playing pada siswa kelas V SD Negeri Pituruh. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t-test pada hasil belajar aspek kognitif IPS mempunyai taraf signifikansi 0,010 dan hasil belajar aspek afektif mempunyai taraf signifikansi 0,000. (p<0,05). Kata kunci : hasil belajar, IPS, model quantum teaching, model role playing.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Jun 2013 04:53
Last Modified: 07 Sep 2015 03:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10521

Actions (login required)

View Item View Item