UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAINKAN DRAMA MELALUI PENDEKATAN PAKEM DI KELAS V SD KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

Astria, Citra Nungky (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAINKAN DRAMA MELALUI PENDEKATAN PAKEM DI KELAS V SD KASIHAN BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Citra Nungky Astria.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memainkan drama melalui pendekatan PAKEM di kelas V SD Kasihan Bantul tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas V SD Kasihan Bantul. Instrumen penelitian divalidasi melalui pertimbangan ahli (expert judgement),yaitu guru kelas V. Data penelitian dikumpulkan dengan skala penilaian, kuisioner dan tes. Analisis data dilakukan pada setiap siklus. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif, sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah: reduksi data, pemaparan, dan penyimpulan. Hasil penelitian memberikan gambaran ada peningkatan kemampuan memainkan drama melalui pendekatan PAKEM. Peningkatan tersebut terlihat pada pencapaian KKM yang semula pada tahap studi awal sebesar 5,3% meningkat menjadi 52,6 pada siklus I, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84,2%. Peningkatan menunjukkan bahwa penenlitian ini mencapai kriteria keberhasilan yang ditargetkan yaitu 85% siswa mencapai nilai = 75. Kata kunci : Kemampuan memainkan drama, Pendekatan PAKEM

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 May 2013 06:44
Last Modified: 29 Jan 2019 18:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10518

Actions (login required)

View Item View Item