HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS KARANGMOJO III KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013

Setiawan, Rico Dedi (2013) HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI SE-GUGUS KARANGMOJO III KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rico Dedi Setiawan.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui seberapa besar minat belajar matematika siswa kelas V SD negeri se-Gugus Karangmojo III Kecamatan Karangmojo Kabupaten Karangmojo tahun ajaran 2012/2013, 2) untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas V SD negeri se-Gugus Karangmojo III Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul tahun ajaran 2012/2013, dan 3) untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD negeri se-Gugus Karangmojo III Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di gugus Karangmojo III Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini adalah penelitian populasi dengan jumlah populasi sebanyak 74 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui: 1) angket, dan 2) dokumentasi. Instrumen pokok dalam penelitian ini adalah angket, sedangkan instrumen penunjangnya adalah dokumentasi. Uji coba instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment dengan hasil sebanyak 2 butir tidak valid dari 30 butir. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alfa dengan indek reliabilitas sebesar 0,915. Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, sedangkan untuk menentukan hubungan antara dua variabel yaitu minat belajar matematika dengan prestasi belajar matematika digunakan melalui perhitungan dengan rumus korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, minat belajar matematika dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD negeri se-Gugus Karangmojo III kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul berada dalam kategori sedang. Berdasarkan analisis data menunjukan bahwa rhitung 0,673 > rtabel 0,227 dengan taraf kesalahan sebesar 0,05 dan jumlah N = 74. Interpretasi tingkat hubungan terhadap harga koefisien korelasi kedua variabel tersebut menunjukan tingkat hubungan yang cukup kuat. Hasil-hasil yang dicapai ini menunjukan adanya hubungan positif yang cukup kuat erat dan menunjukan bahwa semakin tingginya minat belajar matematika maka semakin tinggi prestasi belajar matematika siswa kelas V SD se-Gugus Karangmjo III Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul tahun ajaran 2012/2013. Kata kunci: Minat Belajar, Prestasi belajar Matematika, Siswa kelas V

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 May 2013 06:43
Last Modified: 29 Jan 2019 18:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10517

Actions (login required)

View Item View Item