PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA MODEL PRISMA SEGI EMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PRISMA SEGI EMPAT PADA SISWA KELAS V SD N BONGSREN

Rokhayati, - (2013) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA MODEL PRISMA SEGI EMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PRISMA SEGI EMPAT PADA SISWA KELAS V SD N BONGSREN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rokhayati.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruhpenggunaan alat peraga model prisma segi empat terhadap hasil belajar matematika pada materi prisma segi empat pada siswa kelas V SD Negeri Bongsren. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, yaitu dengan menyajikan data dalam bentuk angka, diagram, maupun tabel, dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Bongsren yang berjumlah 24. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengamati siswa dan guru selama proses penggunaan alat peraga model prisma segi empat. Uji hipotesis dan teknik analisis data penelitian menggunakan deskreptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan alat peraga model prisma segi empat pada mata pelajaran matematika dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Bongsren, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul. Kemampuan awal siswa sebelum mendapatkan pembelajaran menggunakan alat peraga model prisma segi empat memiliki nilai rerata 57,75 dan meningkat menjadi 71,42 atau mengalami peningkatan sebesar 23,68%. Kata Kunci: alat peraga model prisma segi empat, hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 29 May 2013 06:43
Last Modified: 29 Jan 2019 18:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10514

Actions (login required)

View Item View Item