PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN

Desti , Widiyana (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KKPI PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PEDAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran ARIAS dan pengaruh model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar KKPI siswa kelas X di SMK Negeri 1 Pedan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Pedan pada siswa kelas X menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas XE sejumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XG sejumlah 38 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar. Tes terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian untuk kompetensi dasar mengoperasikan software spreadsheet, tes diadakan sebelum siswa memperoleh perlakuan (pretest) dan sesudah siswa memperoleh perlakuan (posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan awal siswa kedua kelas tidak berbeda secara signifikan dibuktikan dengan uji kesamaan dua rata-rata pretest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,818 ≥ (sig) 0,05. Terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan berbeda dibuktikan dengan uji perbedaan dua rata-rata posttest (Independent Samples Test) diperoleh (sig) 0,001 < (sig) 0,05. Terdapat pengaruh peningkatan hasil belajar KKPI bagi siswa kelas X melalui penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dibuktikan dengan uji Anova satu jalur gain diperoleh (sig) 0,020 < (sig) 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 01:47
Last Modified: 29 Jan 2019 18:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10510

Actions (login required)

View Item View Item