PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, PERGAULAN SISWA, DAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH TERHADAP KETEKUNAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN YOGYAKARTA

Wika Mustika, Sari (2013) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, PERGAULAN SISWA, DAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA DI SEKOLAH TERHADAP KETEKUNAN BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Jurnal+ttd.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh perhatian orang tua, pergaulan siswa, dan bimbingan belajar siswa di sekolah terhadap ketekunan belajar siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan Yogyakarta; dan (2) tingkat perhatian orang tua, pergaulan siswa, bimbingan belajar di sekolah, dan ketekunan belajar siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan pada tabel Krejcie dan Morgan dengan mengambil tingkat kesalahan α sebesar 5%. Jumlah sampel diambil secara simple random terhadap populasi yang bersangkutan. Sampel dipilih secara acak, dengan cara tersebut diperoleh jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan analisis regresi linier metode enter dengan bantuan program SPSS V. 19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap ketekunan belajar siswa kelas XI TGB SMK N 1 Seyegan (p < 0,05); (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pergaulan siswa terhadap ketekunan belajar siswa kelas XI TGB SMK N 1 Seyegan (p < 0,05); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar siswa di sekolah terhadap ketekunan belajar siswa kelas XI TGB SMK N 1 Seyegan (p < 0,05); dan (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua, pergaulan siswa, dan bimbingan belajar siswa di sekolah terhadap ketekunan belajar siswa kelas XI TGB SMK N 1 Seyegan (p < 0,05); dan (5) tingkat perhatian orang tua = 73,09%; pergaulan siswa = 76,66%; bimbingan belajar di sekolah = 71,87%; dan ketekunan belajar siswa = 74,05%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 01:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10509

Actions (login required)

View Item View Item