Rafikaningtyas, Arie (2013) PENGARUH PENERAPAN METODE SAS TERHADAPKEMAMPUAN MEMBACAPERMULAAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI BLONDO 3. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Arie Rafikaningtyas.pdf Download (49kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri Blondo 3. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu mengadakan manipulasi terhadap objek penelitian serta adanya kontrol, dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi sekaligus subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I di SD Negeri Blondo 3, terdiri dari kelas IA sebagai kelompok eksperimen dan kelas IB sebagai kelompok kontrol.Data diambil dengan menggunakan teknik observasi non partisipan dimana peneliti tidak terlibat dan hanya sebagai pengamat independen. Analisis data digunakan uji-t antar kelompok (independent t-test), yang terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitasnya. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: Terdapat pengaruh positif(thitung = 10,519> ttabel =2.01174, p<0,05) penerapan metode SAS terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 SD Negeri Blondo 3. Kemampuan membaca permulaan siswa yang mendapatkan pengajaran menggunakan metode SAS lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pengajaran dengan metode konvensional (global) pada siswa kelas 1 SD Negeri Blondo 3. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan metode SAS (24,88%) lebih efektif dibandingkan dengan metode global (8,18%). Kata kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Metode SAS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 29 May 2013 06:43 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 18:41 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |